SMPN 3 Penawartama Rapat Pemantapan Akreditasi 2019

51

Radartuba.com, Penawartama – Dewan guru dan staf Tata Usaha SMPN 3 Penawartama menyelenggarakan kegiatan rapat pemantapan pelaksanaan akreditasi tahun 2019 pada hari Rabu, 8 Mei 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang guru SMPN 3 Penawartama berlangsung sejak pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Rustoyo, S. Pd.

Untuk diketahui, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM) Provinsi Lampung telah menetapkan sebanyak 796 sekolah/madrasah di seluruh Provinsi Lampung sebagai sekolah sasaran akreditasi tahun 2019 untuk divisitasi pada periode 29 April – 17 Mei 2019 (periode I Tahun 2019).

Adapun sekolah-sekolah yang ditetapkan untuk divisitasi telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Sekolah baru (belum terakreditasi),
  2. Sekolah yang telah habis masa akreditasinya selambat-lambatnya tahun 2019 kecuali jenjang SMA/MA dan SMK, 
  3. Telah selesai mengisi Daftar Isian Akreditasi (DIA) pada Akun Sispena sekolah/madrasah masing-masing.

Sesuai dengan rilisnya yang dikeluarkan pada tanggal 19 April 2019, BANSM Provinsi Lampung menetapkan sekolah bermoto “Satria Muda Bhakti Utama” ini mendapat jadwal visitasi selama 2 hari yakni tanggal 16 sampai dengan 17 Mei 2019.

Pada hari pertama akan dilaksanakan verifikasi dokumen sedangkan pada hari kedua adalah verifikasi fisik. 

Dalam kata sambutannya Kepala SMPN 3 Penawartama mengatakan, “Akreditasi ini sangat penting bagi masa depan sebuah sekolah. Mulai tahun 2020 pemerintah akan memberikan bantuan hanya kepada sekolah yang sudah TERAKREDITASI. Oleh karena itu saya mohon kepada bapak dan ibu semuanya untuk secara serius mempersiapkan diri sesuai dengan bidang/standar yang menjadi tanggung jawabnya”.

BACA JUGA:  Ratusan Siswa Mengikuti Giat Polsana di Polres Tuba

Sementara itu M. Ali Mustofa, S. Pd. koordinator kegiatan menyampaikan harapannya agar kita semua dapat menyukseskan kegiatan akreditasi sekolah yang akan dilaksanakan pada 16 – 17 Mei 2019 mendatang. 

“Saya mengharapkan agar semuanya dapat berperan aktif menyukseskan kegiatan akreditasi sekolah yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Mei 2019 mendatang. Setidak-tidaknya kita dapat mempertahankan predikat yang telah kita torehkan pada 2013 silam yakni predikat B, ” demikian M. Ali Mustofa dalam arahannya.  

Rapat berhasil membuat keputusan masing-masing penanggung jawab 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), sebagai berikut :

  1. Standar Isi : Rukiyah, S.S. 
  2. Standar Proses : Nita Astriani, S. Pd. 
  3. Standar SKL : Al’imroah, S. Pd. 
  4. Standar PTK : Fivana N. Manalu, A.Md. 5. Standar Sarpras : Purwoko, S. Pd. 
  5. Standar Pengelolaan :Arjunanda, S.Pd. 7. Standar Pembiayaan : Insaf Setia, S.Pd.
  6. Standar Penilaian : I Putu Yudiarta, S. Pd. ( Rus )