Mudik Lebaran, Tol Trans Sumatera Sudah Bisa Dilalui

56

Radartuba.com, MESUJI – Kabar baik untuk seluruh masyarakat khususnya para pengguna jalan, untuk para pemudik lebaran yang hendak melintasi jalan lintas  Sumatera. pasalnya jalan Tol ruas Terbanggi Besar-Mesuji dan Indralaya sudah bisa bisa digunakan pada musim mudik tahun 2019 ini.

Hal itu dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Camat Way Serdang Komang Sutiaka SH,yang sudah berkomunikasi dengan pihak PT. Waskita, bahwasanya  untuk jalan Tol yang melintasi wilayahnya saat ini sedang tahap perapihan dan untuk mudik lebaran tahun 2019 jalan tol sudah bisa digunakan.

“Untuk mudik Lebaran 1440 Hijriah jalan Tol ruas Mesuji Indralaya Palembang Sumatera Selatan sudah bisa digunakan oleh para pemudik,” jelas Komang Rabu sore (08/05).

Dia menjelaskan untuk wilayah Kabupaten Mesuji ada dua pintu tol yang pertama di desa Bumi Harapan kecamatan Way Serdang dan desa Mulya Agung kecamatan Simpang Pematang.

“Untuk pintu Tol di Mesuji ada dua yaitu Pintu Tol yang berada di desa Bumi Harapan tetapi nama pintu tolnya yaitu pintu tol Way Kenanga dan Pintu Tol Simpang Pematang,” terangnya.

Dengan adanya tol di wilayah Sumatera  Para pemudik pun dapat lebih cepat mencapai tempat tujuan, lantaran melalui jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung  tersebut dapat memangkas jarak hingga puluhan kilometer.

Sebelumnya Pimpinan Proyek Tol Pematang Panggang – Kayuagung, Fahrudin Haryanto menjelaskan secara fisik ruas tol Pematang Panggang- Kayuggung sudah dapat dilewati para pemudik.

BACA JUGA:  Rencana Jadwal Libur Dan Cuti Bersama Untuk PNS

Hanya saja untuk mengetahui bisa atau tidak dilintasi oleh pemudik, pihaknya masih menunggu evaluasi dari Korlantas dan Kementrian Perhubungan untuk kelayakannya.

“Secara fisik tol sudah dapat dilalui pada lebaran ini. Tetapi belum diputuskan, karena masih menunggu hasil rapat di pusat pada hari ini,” jelasnya.

Tol Trans Sumatera yang siap dipakai mudik terdiri dari Tol Operasional sepanjang 278 km yakni Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km, Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km, Medan-Binjai Seksi 2 & 3 sepanjang 10,46 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 62,11 km dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa sepanjang 42,7 km.

Tol fungsional tersebut terdiri dari Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 189 km, Kayuagung-Palembang-Betung 33 km, dan Medan–Binjai Seksi sepanjang 1 2,8 km.

Kemudian, pada Jalan Tol Trans Sumatera terdapat 1 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar KM 20+700.

Jelang arus mudik lebaran 2019, pihaknya akan terus lakukan pemantauan secara rutin jalan tol ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung hingga H-10 perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.(mis)