Jelang Puasa, Harga Daging di Tubaba Naik Tipis : Minat Beli Masyarakat Turun

70

Radartuba.com, TUBABA – Menjelang bulan Ramadhan 1440 Hijiriyah/2019 Masehi ini (H-1), harga daging sapi dan kerbau di sejumlah pasar di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) terpantau stabil. Tidak ada kenaikan harga yang signifikan dibandingkan hari-hari sebelumnya. Demikian diungkapkan oleh Kabid Peternakan pada Dinas Peternakan Kabupaten Tubaba, Supardiyono, SP, MM.

“Hasil pantauan kami khusus hari ini, harga daging sapi masih dikisaran Rp130 ribu sampai Rp140 ribu perkilogram, sedangkan daging kerbau dikisaran harga Rp150 ribu sampai Rp160 ribu perkilogram. Memang ada kenaikan harga, tapi tidak signifikan hanya Rp10 ribu sampai Rp20 ribu saja,”ungkapnya saat dihubungi radartuba.com melalui telepon, Minggu (5/5) siang, sekitar pukul 13.30 WIB.

Menurutnya, kenaikan harga daging ini terbilang normal, bahkan sudah lumrah terjadi setiap menjelang puasa, mengingat kebutuhan pokok masyarakat menjelang ramadhan biasanya juga meningkat.”Momentum menjelang puasa memang seperti ini. Tapi kenaikan harga khususnya daging masing wajar, dan mulai besok atau hari kedua puasa kemungkinan sudah normal lagi,“cetusnya.

Meski begitu, Supardiyono menyebutkan bahwa minat dan daya beli masyarakat terhadap daging menurun jika dibandingkan saat menjelang ramadhan tahun lalu.”Penjual daging ataupun tempat pemotongan hewan juga sepi tidak seperti biasanya yang ramai. Begitu juga pembeli terpantau menurun dibandingkan biasanya (tahun lalu),”terangnya.

BACA JUGA:  "Cuaca Ekstrim, Flu Burung Semakin Ganas"

Mengenai stok daging di Tubaba, Supardiyono memastikan akan aman hingga lebaran nanti.”Kalau stok tidak akan kurang, karena banyak yang budidaya penggemukan. Saya rasa tidak perlu mendatangkan dari luar daerah, karena lokalan saja sudah banyak, begitu juga dengan kerbau. Sedangkan untuk harga, kami juga  memperkirakan tidak akan naik signifikan, untuk sapi mungkin dikisaran Rp130 ribu sampai Rp140 ribu, sedangkan kerbau Rp150 sampai Rp160 ribu perkilogram,”tutupnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kasi Keswan drh. Irwan Sutrisno yang juga ikut memantau kesehatan Pangan Asal Hewan (PAH) sekaligus harga daging di sejumlah pasar di Tubaba. Menurutnya, untuk harga daging sapi dan kerbau stabil dan normal, begitu juga dengan harga Ayam yang stoknya lumayan banyak menjelang puasa ini.

”Ayam Kampung hidup di hari biasa Rp35 ribu sampai Rp40 ribu perkilogram, sekarang naik sekitar Rp5 ribu perkilogram menjadi Rp40 ribu sampai Rp45 ribu perkilogram. Begitu juga dengan ayam potong, yang biasanya Rp24 ribu sampai Rp26 ribu perkilogram, menjelang puasa ini naik dikisaran Rp28 ribu sampai Rp30 ribu perkilonya,”terangnya. (ded)