Selama MTQ, Tenaga Medis Diskes Tubaba Siaga 24 Jam

62

Radartuba.com, TUBABA- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan turut ambil bagian dalam menyukseskan perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 Tingkat Provinsi Lampung yang akan berlangsung di kabupaten setempat pada tanggal 26 April- 3 Mei 2019. Yakni,  menyiapkan Posko Kesehatan Gratis bagi seluruh kafilah MTQ dari 15 kabupaten/kota se-Lampung.

Plt. Kepala Diskes Tubaba, Perana Putera, SH, MH, mengatakan, ada 16 posko yang akan didirikan, terdiri dari  1 posko di sekitar mimbar utama MTQ dan 15 posko tersebar di setiap lokasi pemondokan.”Ini adalah upaya kami untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan ketika dibutuhkan oleh para kafilah,”ungkapnya kepada wartawan, Selasa (23/4/2019).

Menurutnya, ada puluhan tenaga medis yang akan disiagakan pada Posko Kesehatan Gratis tersebut, terdiri dari dokter dan perawat. Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menyiapkan mobil ambulance untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan tersebut. “Setiap posko akan kita siagakan 1 orang dokter, 2 perawat, dan 1 unit ambulance,”terangnya.

BACA JUGA:  Dinas Sosial Tubaba Bantu Korban Kebakaran di Penumangan

Perana Putera menilai, posko kesehatan sangat penting untuk disiapkan, mengingat banyaknya peserta MTQ tersebut, sehingga tidak menutup kemungkinan ada peserta yang mengalami gangguan kesehatan saat event keagamaan itu berlangsung.”Yang jelas, ini adalah langkah antisipasi yang kita lakukan. Jangan sampai, ketika ada peserta yang mengalami gangguan kesehatan tidak terlayani maksimal,”ujar dia.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar seluruh kafilah yang mengikuti kegiatan MTQ nantinya dapat melapor ke panitia ataupun langsung datang ke posko kesehatan jika ada kafilah atau peserta yang terganggu kesehatannya.“Tenaga medis kita siap melayani 24 jam, dan pelayanan kesehatan ini gratis,”pungkasnya. (ded)