UNBK Di Sub Rayon 06.04 Berjalan Lancar

45

Radartuba.com, PENAWARTAMA – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs hari pertama di lingkungan Sub Rayon 06.04 berjalan dengan tertib dan lancar.

Untuk diketahui, UNBK di Sub Rayon 06.04 tahun 2019 ini diikuti oleh 580 peserta dari 8 sekolah yaltu SMPN 1 Penawartama ( Ketua Sub Rayon), SMPN 2 Penawartama, SMPN 3 Penawartama, SMPN 2 Gedungaji Baru, SMPN 3 Rawapitu, SMP PGRI 2 Gedungaji Baru, SMP KOSGORO Penawartama, dan SMP Rawapitu.

Kedelapan sekolah tingkat SMP di lingkungan Sub Rayon 06.04 tersebut mulai tahun 2019 ini melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0048/P/BSNP/XI/2018 tentang Prosedur Operasi Standar Penyelenggaran Ujian Nasional TP 2018/2019 Ujian Nasonal tingkat SMP/MTs TP 2018/2019 berlangsung selama 4 hari, dimulai dari 22 sampai dengan 25 April 2019.

Meskipun secara umum pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar bukan berarti di lapangan tanpa kendala. Di SMPN 3 Penawartama misalnya. Di sekolah tersebut sempat terjadi gangguan jaringan berupa signal 4G yang tidak stabil mulai dari sesi pertama sampai dengan sesi ketiga.

BACA JUGA:  Awal Puasa, Sekolah di Tubaba Libur 3 Hari

I Putu Yudiarta, S.Pd. teknisi SMPN 3 Penawartama menambahkan,”Di samping itu pada hari pertama sesi ketiga tadi diwarnai dengan hujan deras yang dibarengi dengan mati lampu PLN yang sempat menghentikan kegiatan kira-kira 10 menit. Kami beruntung kendala di atas dapat diantisipasi sehingga kegiatan UNBK hari ini dapat berjalan dengan semestinya.”

Kemudian laporan dari SMP Rawapitu Gedung Jaya menyebutkan bahwa di sekolah tersebut sistem/jaringan juga sempat terganggu.

“Pada sesi pertama tadi sistem sempat terganggu. Kami sampai meminta bantuan ke Posko UNBK Kabupaten. Alhamdulillah semua dapat diatasi walaupun waktu pelaksanaan sesi pertama sempat mundur kira-kira 45 menit,” demikian Kela SMP Rawapitu Sutrisno, S.Pd. menjelaskan. (rus/ogi)