Rekapitulasi Kesbangpol, Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul di Tubaba

57

Radartuba.com, TUBABA- Perolehan suara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres – Cawapres) Nomor Urut 1 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di seluruh kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Hal ini berdasarkan Rekapitulasi Penghitungan Suara Sementara yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) kabupaten setempat.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil mendulang suara sebanyak 104.094 suara atau 63,78% dari total suara sah sebanyak 163.205 suara, jauh meninggalkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang hanya berhasilkan mengumpulkan 59.111 suara atau 36,22%.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tubaba, A.Marwazi, SE, MH, menyebutkan bahwa, berdasarkan rekapitulasi yang telah dilakukan, jumlah total suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Tubaba sebanyak 165.548 suara, terdiri dari suara sah sebanyak 163.205 suara dan 2.343 suara tidak sah. Sementara, jumlah pemilih di Tubaba ada sebanyak 196.475 pemilih.

BACA JUGA:  Kekurangan Tenaga Kesehatan, Pelayanan di Puskesmas Margo Dadi Tetap Optimal

“Yang tidak memilih sebanyak 30.927 pemilih. Dengan demikian, persentase partisipasi pemilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Tubaba sebesar 84,26 persen,”ungkapnya kepada radartuba.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/4/2019)

Dia menjelaskan, proses rekapitulasi tersebut dilakukan dengan melibatkan seluruh aparatur pemerintahan hingga di tingkat tiyuh, dan pihak kecamatan yang melaporkan hasil rekapitulasi ke Tim Rekapitulasi Kebangpol Tubaba.”Hasil rekapitulasi ini sudah kami sampaikan ke Pemprov melalui Badan Kesbangpol Provinsi Lampung, yang nantinya akan dikirim ke pusat untuk direkap dalam SIMPOLDAGRI (Sistem Informasi Politik Dalam Negeri),”tukasnya. (ded)