Pemilu 2019, Pemkab Terjunkan Tim Monitoring dan Lakukan Quick Count

15

TUBABA- Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) akan memantau penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019. Tidak hanya monitoring, Kesbangpol Tubaba juga akan melakukan quick count (penghitungan cepat) hasil pemungutan suara pemilu.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tubaba, A.Marwazi, SE, MH, mengatakan, monitoring dilakukan guna memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu, baik Pemilu Legislatif (Pileg) ataupun Pemilu Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung serentak tersebut. Hal ini demi suksesnya pesta domokrasi lima tahunan dan momentuk politik akbar ini.

”Kita melibatkan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam kegiatan monitoring ini. SPT (Surat Perintah Tugas) Tim Monitorig ini sudah diterbitkan dan ditandatangani oleh Pak Wakil Bupati,”ungkapnya didampingi Sekretaris Kesbangpol Tubaba Drs. Anizar, MM, saat ditemui radartuba.com di ruang kerjanya, Jum’at (12/4/2019).

Menurutnya, tugas utama tim monitoring ini adalah melakukan pemantauan langsung pelaksanaan Pemilu dan ketika ditemukan kendala yang menyangkut pelaksanaan pemilu dapat segera berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama dengan pihak penyelenggara pemilu.”Total ada 9 tim yang akan menyebar di 9 kecamatan se-Tubaba. Kami berharap koordinasi berjalan baik dengan adanya tim monitoring ini. Ketika ada kendala dilapangan, tim ini juga yang nantinya saling berkoordinasi”harapnya.

BACA JUGA:  Bawaslu Mesuji Ajak Pemilih Milenial Proaktif

Mengenai quick count, Marwazi menjelaskan bahwa pihaknya akan merekap hasil pemungutan suara per-kecamatan untuk disatukan menjadi hasil pemungutan suara kabupaten. Kemudian, ini akan dilaporkan ke Pemprov Lampung melalui Badan Kesbangpol Provinsi Lampung.”Laporan ini dilakukan berjenjang, dan Kesbangpol provinsi yang akan mengirimkan laporan tersebut ke pusat melalui SIMPOLDAGRI (Sistem Informasi Politik Dalam Negeri),”tukasnya. (ded)