Hebat…!!!Ada Metode Hafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum

28

Radartuba.com, TUBABA– Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar Training Cara Menghafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum. Kegiatan pelatihan yang diikuti guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) se-Tubaba ini berlangsung di SMKN 1 Tulang Bawang Tengah, Rabu (10/4/2019).

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tubaba, Budiman Jaya, S.STP, M.IP, yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan pelatihan tersebut menjelaskan, melalui pelatihan ini, peserta pelatihan diajarkan cara dan metode berbeda untuk membuat siswa antusias menghafal dan mempelajari Al-Qur’an.”Jadi, belajar menghafal Al-Qur’an diharapkan bukan menjadi hal yang sulit lagi dengan Metode Menghafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum ini ,”ungkapnya mendampingi Kadis Pendidikan Ir. Amrullah, MT, kepada radartuba.com disela-sela kegiatan pelatihan tersebut.

Menurutnya, kegiatan menghafal Al-Qur’an dengan mengadopsi metode yang diajarkan Ustad Bobby Herwibowo ini tidak membosankan, bahkan cenderung mengasyikkan. Sebab, kata dia, metode ini melibatkan aktivitas gerak tubuh yang bisa dengan mudah dipahami.”Salah satu contoh gerak tubuh dalam metode ini adalah dengan isyarat tangan,”tandasnya.

Dia berharap seluruh peserta pelatihan ini dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, mengingat ini adalah salah satu upaya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter bagi siswa demi melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan memiliki ketahanan mental, serta jati diri dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

BACA JUGA:  Disdikbud Mesuji Gelar Pelatihan KKG

“Dasar dari pendidikan karakter adalah pendidikan agama, kalau pendidikan agama sudah baik Insya Allah akan lahir generasi-generasi yang baik pula, Kedepannya, setiap guru diharapkan dapat menciptakan kegiatan keagamaan di sekolahnya masing-masing. Paling tidak dibuat kegiatan hafalan Juz Amma dan targetnya siswa lulus SD sudah hafal Juz Amma,”tukasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Pandawa, Daya Murni-Tumijajar. Kegiatan pelatihan ini sudah dimulai sejak 8 April lalu, dan dijadwalkan berlangsung hingga 23 April mendatang. Total peserta sebanyak 223 guru, yang merupakan Guru PAI dan BTA tingkat SD dan SMP dari wilayah selatan dan utara Kabupaten Tubaba. (ded)