2019, RS Menggala Layani 166 Kasus DBD

Radartuba.com, Tulang Bawang – Demam Berdarah dengue atau yang lebih familiar di sebut DBD adalah infeksi yang di sebabkan oleh virus dengue, yang di tularkan oleh nyamuk aedes aegypti, yang apabila tidak cepat di tangani dapat merenggut nyawa seseorang,sudah banyak kasus di hampir seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Tulangbawang. Selasa (2/4)

Gejala-Gejala Umum Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) :

  • panas demam tinggi yang mendadak
  • nyeri sendi dan di badan
  • rasa mual-mual ingin muntah
  • sakit kepala di sekitar dahi
  • wajah berwarna kemerahan
  • suka timbul bercak-bercak merah di kulit (tidak pasti)
  • trombosit dan leukosit darah turun dan hematokrit naik.

Pada tahun 2017 di Kabupaten Tulangbawang berjumlah 33 kasus terserang dbd yang mana meliputi 15 orang dewasa, 18 anak-anak dan tidak ada korban jiwa, sedangkan pada tahun 2018 ada sekitar 78 kasus yang mana 39 orang dewasa, 39 anak-anak dan tidak ada korban jiwa, data ini di sampaikan oleh ibu Yuli sebagai Humas RS Menggala.

BACA JUGA:  Pantau Kesehatan Balita dan Bumil, Kegiatan Posyandu Terus Dilakukan

“Sudah kami lakukan sosialisasi pencegahan virus DBD pada tahun 2019 ini melalui puskesmas yang ada di Tulangbawang, di harapkan dengan adanya sosialisasi tersebut mampu menyadarkan masyarakat akan bahaya dbd dan mengurangi jumlah terserang DBD”, ucapnya.

Namun pada pada tanggal per 1 januari sampai bulan maret 2019,terjadi peningkatan pasien yang cukup signifikan yaitu 166 kasus meliputi 65 orang dewasa, 100 anak-anak dan 1 korban meninggal dunia.

Masyarakat di harapkan untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan untuk sama-sama menekan perkembangan nyamuk aedes aegypti.(mad)

18 Views

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here