Tingkatkan Pemahaman Regulasi GTK, Disdik Tubaba Gelar Sosialisasi

29

Radartuba.com, TUBABA– Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dituntut untuk selalu berpedoman pada regulasi yang berlaku dalam melaksanakan seluruh program dan kegiatan pendidikan. Hal ini agar semua berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Guna meningkatkan pemahaman tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tubaba menggelar Sosialisasi Regulasi GTK. Kegiatan ini berlangsung di SMP Negeri 4 Tulang Bawang Tengah, Senin (1/4/2019). Sosialisasi ini juga untuk memperjelas proses pelayanan GTK, serta pendalaman sikap dan prinsip kerja guru dan komite sekolah.

“Selain itu, kegiatan sosialisasi ini adalah salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan Kritis, Kreatif, Kolaboratif, Komunikatif (4K) pada guru dan tenaga kependidikan,”ungkap Suwardi, SE, MM, Kabid GTK Disdik Tubaba mendampingi Sekretaris Disdik Tubaba Budiman Jaya, S.STP, M.IP, saat ditemui Radar Tuba disela-sela acara sosialisasi.

Selain meningkatnya pemahaman terhadap regulasi GTK, pihaknya berharap sosialisasi yang dilakukan ini akan berujung pada meningkatnya profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, sehingga kinerja unggul dalam dunia pendidikan yang diharapkan dapat terwujud.”Berbagai hal menyangkut regulasi GTK dibahas melalui sosialisasi ini, agar dapat dipahami dan diimplementasikan dalam melaksanakan program dan kegiatan pendidikan,”tandasnya.

BACA JUGA:  Polsek Tumijajar Bersama PKPU dan PGN Gelar Baksos Kesehatan di Tiyuh Sumber Rejo

Berdasarkan lantauan, ada seratusan peserta yang mengikuti sosialisasi, terdiri dari para Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah. Beberapa hal yang disampaikan antara lain pemaparan menyangkut aturan kepegawaian seperti kenaikan pangkat/golongan dan sertifikasi hingga pola pencairannya. Kemudian, Penilaian Kinerja Guru (PKG) sebagai salah satu syarat kenaikan golongan dan sertifikasi, serta penegasan peran dan fungsi komite bagi sekolah. (ded)