Budiman Jaya : TPG Harus Jadi Motivasi Untuk Lebih Profesional

34

Radartuba.com, TUBABA– Tunjangan Profesi Guru atau TPG (tunjangan sertifikasi) merupakan tunjangan yang diberikan kepada guru dengan sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya. Dengan adanya peningkatan penghasilan dan kesejahteraan guru ini, perlu disertai dengan peningkatan kinerja, terutama dalam pengabdiannya mencerdaskan anak bangsa, sekaligus upaya guru dalam meningkatkan kompetensinya.

Berkaitan dengan hal ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) juga mengingatkan agar seluruh guru khususnya penerima TPG (tunjangan sertifikasi) di daerah setempat dapat terus meningkatkan kinerja dan profesionalitas sebagai seorang pendidik.

Sekretaris Disdik Tubaba, Budiman Jaya, S.STP, M.IP menegaskan, menjadi seorang guru jangan hanya berorientasi pada tunjangan profesi guru (tunjangan sertifikasi) untuk menambah penghasilannya.”Tunjangan sertifikasi guru jangan hanya dianggap sebagai penghasilan tambahan, tapi harus dijadikan sebagai motivasi bagi guru untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya,”ungkapnya saat Sosialisasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di SMPN 4 Tulang Bawang Tengah, Senin (1/4/2019).

BACA JUGA:  Tiwul Mocak Karya Tim PKK Tiyuh Marga Jaya

Menurutnya, mindset atau pola pikir seperti itu harus dirubah. Guru harus kembali pada dasar dan arah perjuangan menjadi seorang guru, yakni sebuah pengabdian untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.“Pola pikir seperti ini secara perlahan akan kira rubah, apalagi kita saat ini sedang fokus pada program pendidikan karakter siswa yang tentunya harus didukung penuh oleh guru selaku garda terdepan dan ujung tombak dalam memajukan pendidikan,”tandasnya.

Budi menambahkan, dengan adanya TPG, guru juga diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik atau pengajar.”Hal itu adalah salah satu penunjang dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, dimana kinerja dan profesionalitas guru juga menjadi penentu upaya tersebut,”pungkasnya. (ded)