ASN Di Tubaba Diduga Palsukan Dokumen

36

Radartuba.com, Pulung Kencana – Inspektorat Tulangbawang Barat (Tubaba) hari Senin tanggal 1 April 2019 akan memanggil Bank Mandiri Taspen yang ada di Bandar Lampung. Pemanggilan itu terkait dengan peristiwa dugaan pemalsuan dokumen pinjaman di Bank tersebut oleh dua orang guru yang ada di Kabupaten setempat. Kepastian ini diungkapkan Inspektur Tulang Bawang Barat Bustan Effendi kepada Radar Lampung.co.id (grup Radartuba.com) melalui sambungan telepon.

 Pemanggilan terhadap anak perusahaan Bank Mandiri ini dimaksudkan untuk mengetahui prosedur peminjaman tabungan pensiun bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). "Kita sudah melayangkan surat panggilan ke Mandiri Taspen yang ada di Bandar Lampung. Karena semula kami mengira itu merupakan pinjaman di Bank Mandiri unit 2 atau Lampung Tengah, namun ternyata  di Bank Bandar Lampung," terang Bustam Effendi menegaskan. 

 Pemanggilan terhadap bank ini dimaksudkan untuk mengetahui syarat-syarat dan ketentuan peminjaman bagi seorang ASN. Hal ini dilakukan lantaran pihaknya melihat proses peminjaman dengan nilai yang cukup besar tidak membutuhkan waktu yang lama. "Karenanya kita akan minta informasi dengan bank tersebut,"tambah M. Roni, Sekretaris Inspektorat Tubaba. 
 Sejalan dengan itu tambah Ali Kaspar, Irban 1, Inspektorat Tubaba, pihaknya juga akan melihat dalam kategori apa kesalahan yang dilakukan oleh oknum-oknum guru tersebut. Apakah dalam kategori ringan, sedang, atau berat," jelas Ali kepada radarlampung.co.id. 
 Sementara ini berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap Sri yang merupakan oknum guru di kelas 1 SD penumangan dan seorang lainnya yang merupakan kepala sekolah di sebuah SD Tiyuh Candra Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tubaba, hal itu mereka lakukan lantaran terdesak dengan kebutuhan keuangan keluarganya. " Tetapi apapun itu, pemalsuan ini adalah tindakan yang tidak bisa ditolerir oleh siapa pun,"tegas Bustam lagi. (fei)
BACA JUGA:  Tumijajar Siapkan Kegiatan Peringatan HUT RI, Camat : Kepalo Tiyuh Jadi Petugas Upacara