Pamsimas 2019, Tubaba Akan Terima 24 Titik

49
Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad meresmikan Program Pamsismas di Tiyuh Wonokerto Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Selasa (2603). Foto Ist For Radar Tuba

Radartuba.com, TUBABA – Tahun 2019 ini, Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) akan kembali dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Ada 24 titik yang menjadi target program tersebut, dan lokasinya tersebar di wilayah selatan dan utara kabupaten. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP saat meresmikan Fasilitas MCK yang dibangun melalui Program Pamsimas III Tahun 2018 di Tiyuh Wono Kerto, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Selasa (26/3).
Menurutnya, program Pamsimas tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkab Tubaba secara berkelanjutan mengusulkannya ke pemerintah pusat.”Alhamdulillah, pada program Pamsimas tahun ini kita akan menerima 24 titik. Penempatannya tersebar, yakni 16 titik di wilayah utara kabupaten dan 8 titik di wilayah selatan,”ungkapnya.
Umar Ahmad juga berharap semua kegiatan dalam program Pamsimas ini nantinya bukan hanya semata-mata membanguan tempat penyediaan air bersih, tetapi dalam pelaksanaannya tetap menjaga potensi kebersihan air di lingkungan tersebut. Sebab menurutnya, prediksi menyebutkan bahwa 10 tahun kedepan terjadi peningkatan suhu 4°c, yang dapat berpengaruh pada ketersediaan air.”Artinya kita juga harus berupaya semaksimal mungkin mengurangi laju percepatan meningkatnya suhu di bumi,”tandasnya.
Terkait dengan Program Pamsimas III 2018 yang baru saja diresmikan tersebut, Bupati Umar Ahmad mengatakan dengan hadirnya Pamsimas di daerah ini tentunya akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, serta diharapkan akan mampu mendukung upaya peningkatan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.
“Saya berharap ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan mudah-mudahan hal ini akan dapat menjadikan masyarakat untuk hidup lebih sehat, yang pada akhirnya secara umum akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di daerah ini,”ungkapnya.
Atas nama Pemkab Tubaba, Umar Ahmad menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program PAMSIMAS ini.”Termasuk tentunya Tim dari Pemerintah Provinsi Lampung, sehingga program ini dapat terealisasi di Kabupaten Tulang Bawang Barat,”imbuhnya.
Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama memanfaatkan dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah ada di daerah setempat, dan secara bersama-sama pula menggagas serta melaksanakan program-program pembangunan yang lainnya demi kemajuan masyarakat dan daerah. (ded)