601 PTPS di Mesuji Dilantik, Siap Awasi Jalannya Pemilu

54
Sebanyak 126 PTPS Kecamatan Tanjung Raya dilantik dan sudah bisa bekerja sebagai pengawas untuk membantu mengawasi jalannya proses pemilu 2019. FOTO: MISDI/RADARTUBA.COM

Radartuba.com, MESUJI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Mesuji melalui panwaslu kecamatan (panwascam) serentak melantik Pengawasan Tempat Pemungutan Suara( PTPS ).

Sebanyak 601 PTPS yang tersebar di 7 kecamatan di 105 desa di kabupaten Mesuji secara resmi dilantik pada senin (25/03). 

Seperti halnya di kecamatan Tanjung Raya kabupaten Mesuji terlihat panwaslu kecamatan sedang melakukan pelantikan dan diteruskan dengan pembekalan awal melalui bimbingan teknis ( Bimtek) kepada 126 PTPS . Pelantikan yang dikemas langsung dengan Bimtek tersebut di gelar di Balai Desa Gedung Mulya kecamatan Tanjung Raya.

Ketua panwaslu kecamatan Suryadi mengatakan bahwa sudah menjadi amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu bahwa PTPS Dilantik 23 hari sebelum pemungutan suara dan berakhir 7 hari setelah hari pemungutan suara.

“Sesuai UU no 7 tahun 2017, PTPS mempunyai tugas, wewenang dan kewajiban diantaranya adalah mengawasi persiapan pemungutan suara, penghitungan suara hingga pendistribusian kotak suara berdasarkan tingkatan nya” kata suryadi selasa (26/03)

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa hari itu juga diadakan bimtek bagi ptps yang sudah dilantik, pengenalan tentang tugas tugas sebagai ptps yang mana bimtek ptps berdasarkan jadwal akan dilakukan dua kali yaitu setelah pelantikan dan 6 hari sebelum hari pemungutan suara.

BACA JUGA:  Terima Vaksin Covid-19, Umar Ahmad : Saya Juga Akan di Vaksin

“Supaya lebih memahami tentang tugas , wewenang dan kewajiban sebagai PTPS  Bimtek akan dilakukan dua kali, rencananya bimtek ke dua akan gelar di Hotel Azam desa Brabasan sekalian penyerahan kelengkapan untuk PTPS seperti buku saku dan Seragam PTPS serta uang saku serta uang  makan mereka saat melaksanakan tugas sebagai pengawas di TPS” jelasnya

Sementara itu ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji Apri Susanto Spd berharap PTPS yang sudah dilantik bisa profesional, bekerja dengan baik sesuai tupoksi nya sebagai pengawas.

“PTPS yang sudah dilantik agar bisa memulai pekerjaan nya sebagai pengawas yaitu ikut mengawasi kampanye dan saat hari tenang ikut mengawasi agar tidak terjadi money politic serta ikut mengawasi bila ada yang tidak netral tentang keterlibatan TNI/ polri serta ASN , serta mengawasi proses persiapan pemungutan suara, penghitungan sampai pendistribusian kotak suara” tukasnya (mis)