4 ASN Tubaba Ikut Diklatpim III di BPSDM Lampung

152

Radartuba.com, TUBABA – Empat Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan I Provinsi Lampung Tahun 2019. Diklatpim III yang dipusatkan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Lampung ini akan berlangsung selama 3 bulan lebih, yakni sejak tanggal 25 Maret-12 Juli 2019.

Informasi yang diterima, jumlah peserta Diklatpim III yang digelar oleh BPSDM dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) itu ada sebanyak 40 ASN berasal dari 15 kabupaten/kota se-Lampung. Sedangkan empat peserta dari Tubaba tersebut yakni, Ahmad Nazaruddin, S.IP,M.IP (Kabid Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ), Barmawi, SE,MM (Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Tubaba), Abu Bakar, SH, MM (Kabag Umum Sekertariat DPRD Tubaba), dan Rizal Irawan, ST, M.Si (Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang).

“Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan ini merupakan salah satu program untuk melakukan pembinaan dalam meningkatkan kompetensi aparatur pemerintah daerah,”ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Tubaba, Drs. Lekok, MM, melalui Kabid Pengadaan, Mutasi, dan Diklat Syahlan, SH, MM, kepada Radar Tuba, Senin (25/3/2019) malam, sekitar pukul 19.45 WIB.

BACA JUGA:  Dimasa Pandemi Pemkab Mesuji Terus Genjot Penyaluran KUR Untuk Masyarakat

Menurutnya, Peserta diklat akan menempuh lima tahap pembelajaran, yakni tahap Diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, membangun komitmen bersama, merancang perubahan dan membangun tim. “Selanjutnya tahap laboratorium kepemimpinan dan tahap Evaluasi,”tutupnya.

Sementara itu, Ahmad Nazaruddin, S.IP,M.IP mengatakan bahwa, pada pembukaan Diklatpim III tersebut disampaikan bahwa ASN di era saat ini dituntut untuk terus melahirkan inovasi dan gagasan, serta memiliki kemampuan  manajerial dan taktikal, sehingga ASN sebagai agen perubahan dapat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik.”Diklatpim III ini sangat baik dan penting, sebab selain dalam rangka pembentukan karakter ASN yang berinovasi dan kaya akan gagasan, ada sisi penting bagaimana seorang ASN dapat merubah mindset atau pola pikir ASN dimana dia harus berusaha semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat,”singkat salah satu peserta Diklatpim dari Tubaba ini. (ded)