Bawaslu Akan Awasi Iklan dan Medsos

24
Ilustrasi: Admin/RADARTUBA.COM

Radartuba.com, TUBABA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan mengawasi secara ketat kegiatan kampanye yang dilakukan peserta pemilu melalui iklan di media massa, media cetak, dan elektronik. Pengawasan melekat dari Bawaslu ini meliputi konten kampanye, isi, dan waktu pemasangan iklan kampanye.

Ketua Bawaslu Tubaba, Midiyan, S.Sos menegaskan, iklan kampanye baru boleh dilakukan 21 hari menjelang masa akhir kampanye, yakni 24 Maret-13 April 2019.“Jika ditemukan iklan kampanye di luar periode tersebut, maka ada potensi pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu,”ungkapnya saat dihubungi Radar Tuba melalui telepon, Minggu (17/3).

Selain pengawasan terhadap kampanye dalam bentuk iklan tersebut, pihaknya juga mengawasi kegiatan kampanye peserta pemilu yang dilakukan di media sosial. Tidak hanya pada akun media sosial peserta pemilu yang terdaftar di KPU, namun akun-akun yang mengatasnamakan peserta pemilu, termasuk akun anonim juga masuk dalam pengawasan.“Pengawasan kita fokus terhadap unggahan peserta pemilu atau calon anggota legislatif di media sosial, apakah ada yang bernada provokasi, berita bohong maupun kampanye hitam,”imbuhnya. (ded)