Posyandu Kampung Sumberjaya Upaya pelayanan Kepada Warga

35

Radartuba.com, SUMBER JAYA -Kampung Sumber Jaya Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang, memiliki berbagai tempat penyelenggaraan Pos Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Terpadu (Posyandu) yang terdiri dari Posyandu balita dan Posyandu lansia.

Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang diselenggarakan dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Kepala Kampung Sumber Jaya, Ali Musa menjelaskan, tujuan dilaksanakannya posyandu untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita, dan kelahiran, selain itu, posyandu diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan, ungkapnya.

“Kegiatan Posyandu Sumber Jaya diadakan rutin, sehingga program kesehatan dapat berjalan berkesinambungan, program kesehatan Posyandu Sumber Jaya diantaranya program balita, program ibu hamil, dan program untuk lansia, adapun tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu berada di balai dusun, balai Kampung, RW, dan sebagainya, tegas Ali Musa.

Program balita meliputi imunisasi, penimbangan, pengecekan kesehatan, program untuk ibu hamil meliputi senam ibu hamil yang dilakukan sebelum pertemuan dimulai, selain itu, posyandu Lansia juga mengadakan program pengecekan kesehatan untuk menjaga kesehatan para lansia, tandasnya.

BACA JUGA:  Perkuat Jalinan Silaturahmi, Lurah Ujung Gunung Rutinitas Adakan Gotong Royong

Dengan mengikuti program kesehatan ini, Ali Musa mengharapkan agar balita, para ibu serta lansia mendapatkan wawasan tentang kesehatan balita, gizi, serta stimulasi dan perkembangan anak, selain itu, posyandu juga memberi vaksinasi dan makanan suplemen kepada bayi dan balita dan posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus kekurangan gizi pada bayi dan balita, Jelas Ali Musa. (ogi)