Pemkab Terus Menggugah Perusahaan Salurkan CSR

86

Radartuba.com, TUBABA – Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) selaku Sekretariat Tim Fasilitasi CSR/PKBL (Corporate Social Responsibility/ Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) terus berupaya menggugah perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat untuk melaksanakan kewajibannya menyalurkan tanggung jawab sosial melalui porgram CSR yang ketentuannya telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Kabid Ekonomi pada Bappeda Tubaba, Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP mengatakan, sejak tahun 2017, tim fasilitasi CSR terus melakukan pendekatan sekaligus sosialisasi terkait keberadaan Sekretariat Tim Fasilitasi CSR/PKBL Kabupaten Tubaba kepada 10 perusahaan yang bergerak di bidang perbankkan, pengolahan hasil bumi, telekomunikasi, dan pembiayaan.

“Setiap tahun kami juga menyurati pihak perusahaan agar dapat menyalurkan tanggung jawab sosial perusahaan yakni 2 persen dari laba perusahaan berupa CSR/PKBL,”ungkapnya kepada wartawan seusai menerima penyerahan bantuan CSR berupa 20 unit tong sampah dari PT. Surya Utama Nabati (SUN) yang bergerak di pengolahan sawit di Kecamatan Way Kenanga di Halaman Pemkab Tubaba, Rabu (6/3/2019).

Hasil pendekatan dan sosialisasi tersebut, lanjutnya, beberapa perusahaan sudah melaksanakan kewajibannya tersebut dengan menyalurkan CSR melalui Pemkab Tubaba. Tahun 2016, yakni PT. Bank Lampung berupa Taman ibu dan anak di Lapangan Panaragan Jaya, tahun 2017 4 unit Bentor Perpustakaan keliling dari PT. Bank Lampung, tahun 2018 CSR 30 unit tenda lipat pedagang dari PT. PLN Persero Kotabumi.”Dan hari ini CSR 20 unit tong sampah dari PT. SUN,”ulasnya.

BACA JUGA:  Aparat Desa dan Babinsa Sambut Baik Kesadaran Masyrakat Membuat Jamban Sehat

Nazar mengatakan, Sekretariat tim fasilitasi CSR/PKBL Pemkab Tubaba dalam hal ini hanya sebagai tim fasilitator penyaluran CSR dari pihak perusahaan, sementara hasilnya akan didistribusikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi.”Seperti tong sampah dari PT. SUN ini nanti kita serahkan ke Dinas Lingkungan Hidup, mereka nanti yang mengatur untuk penempatan tong sampah ini,” terangnya.

Dia juga menghimbau kepada perusahaan yang bergerak melakukan aktifitasnya di kabupaten setempat dapat ikut serta memberikan sumbangsih dalam membangun Kabupaten Tubaba melalui CSRnya.”Mana program kabupaten yang belum dikaver di APBD, kami tawarkan ke perusahaan untuk diambil alih melalui CSR mereka sesuai kemampuan baik di bidang persampahan, lingkungan hidup, dan kemasyarakatan,”tukasnya.

Berdasarkan pantauan, penyerahan CSR PT. SUN untuk tahun 2018 berupa 20 unit tong sampah kapasitas 240 liter ini diterima langsung oleh Asisten bidang Pengembangan Ekonomi Pemkab Tubaba Syakib Arsalan, SE didampingi Achmad Nazaruddin selaku Kabid Ekonomi pada Bappeda Tubaba dan Barwinsyah, Kasubbid Promosi Investasi. (ded)