Generasi Muda Harus Berkarakter dan Punya Jati Diri

34

Radartuba.com, TUBABA – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tidak hanya fokus dalam pembangunan infrastruktur, namun pembangunan manusianya juga menjadi perhatian khusus. Salah satu fokus Pemkab Tubaba saat ini adalah dengan menanamkan karakter dan jati diri yang dimulai sejak usia sekolah, baik bagi para pelajar atupun generasi muda di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Salah satu hal penting yang harus selalu kita tanamkan kepada para pelajar dan juga anak-anak muda lainnya, adalah tentang karakter dan jati diri,”ungkap Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP, dalam sambutannya pada Acara Pengukuhan 163 Guru Penggerak Kabupaten Tubaba yang berlangsung di Aula Sekretariat Daerah setempat, Senin (4/3/2019).

Menurutnya, karakter dan jati diri inilah yang akan menjadi sumber ketahanan mental, dan sekaligus juga menjadi energi untuk melakukan perubahan-perubahan menuju ke arah yang lebih baik.”Apabila para pelajar dan anak-anak muda tidak memiliki karakter dan jati diri yang kuat, maka besar kemungkinan mereka akan terseret oleh arus budaya yang negatif, seperti misalnya malas berpikir, malas belajar, malas berproses, mudah patah semangat, tidak memiliki keinginan untuk berkontribusi bagi lingkungan sosial, dan lain sebagainya,”terang Bupati.

BACA JUGA:  Polsek Banjar Agung Identifikasi Penemuan Mayat Bayi di Dalam Sumur

Dalam kaitan inilah, lanjut Umar Ahmad,  keberadaan para Guru Penggerak di sekolah-sekolah di daerah ini diharapkan dapat menjadi insan-insan yang mampu menyemai dan menumbuhkembangkan benih-benih karakter kepada para pelajar dan anak muda di daerah ini, sehingga akan makin banyak lahir generasi-generasi yang kuat, tangguh, bersemangat, berprestasi, dan selalu ingin maju, serta senantiasa peduli terhadap kemajuan di lingkungan sosial masing-masing.

“Apabila pelajar dan anak-anak muda di daerah ini memiliki kemampuan akademik yang baik, serta ditopang dengan kepemilikan karakter dan jati diri yang baik pula, maka saya yakin Kabupaten Tulang Bawang Barat ini akan makin cepat maju, berkembang, sejahtera, dan berdaya saing,”tandasnya. (ded)