Disdikbud Mesuji Gelar Pelatihan KKG

43

Radartuba.com, MESUJI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji, melalui Forum Pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tanjungraya menggelar pelatihan KKG di SDN 01 Tanjung Raya, Kamis (28/02).
Kasi PMPTK, Disdikbud Mesuji Padmoko Hadi mewakili Kadisdikbud Samsudin menyampaikan, bahwa sebanyak 166 guru hadir dari 131 sekolah dalam pelatihan ini. Mereka tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, di antaranya evaluasi proses pembelajaran yang sudah mereka jalankan dan pengembangan media pembelajaran sederhana untuk mendukung proses belajar aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
“Kegiatan ini juga melibatkan beberapa guru yang telah dilatih untuk menjadi fasilitator lokal. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengidentifikasi hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan. Dari hasil evaluasi ditemukan bahwa kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran dan penilaian proses belajar masih perlu ditingkatkan. Hasil inilah yang menjadi dasar pembahasan dalam pelatihan KKG ini,” tuturnya.
Sementara itu, salah seorang peserta yang berasal dari SDN 2 Wiralaga Kecamatan Mesuji, Mat Rasyid menuturkan, pelatihan sangat bermanfaat dan beguna untuk menambah ilmu pengetahuannya sebagai tenaga pendidik.
“Dengan kegiatan-kegiatan semacam ini, dapat lebih mengupgrade kemampuan kita sebagai pengajar. Tentunya agar lebih maksimal dalam menyampaikan proses pembelajaran di kelas yang ternyata masih jauh dari harapan,” ujarnya.
Disamping itu, kegiatan ini juga menginspirasi pria asli kelahiran Mesuji itu untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam metode pembelajaran dikelas. “Kegiatan ini juga membekali saya untuk mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik, mengelola kelas secara efektif, serta mengembangkan media pembelajaran sederhana, dan melakukan penilaian pembelajaran dengan tepat dan terkonsep,” tandasnya.(mis)