Penimbunan Jalan Rawan Banjir di Panaragan Bisa Capai Rp2 M

29

Radartuba.com, TUBABA – Tujuh ruas jalan provinsi di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menjadi prioritas perbaikan yang diusulkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat kepada Pemerintah Daerah Provinsi Lampung. Selain kondisinya yang rusak dan layak diperbaiki, beberapa titik menjadi langganan bajir saat musim hujan seperti saat ini, sehingga mengakibatkan beberapa akses jalan terputus oleh luapan air.

Ruas jalan tersebut meliputi, ruas jalan Simpang Daya Murni – Gunung Batin, ruas jalan Simpang Tulung Randu – Adi Jaya, ruas jalan Simpang Daya Murni – Lampung Utara, ruas jalan Simpang PU – Panaragan Jaya, ruas jalan Penumangan – Unit VI, ruas jalan Panaragan – Tegal Mukti, dan ruas jalan Simpang Tujok – Panaragan.

“Semua ruas jalan itu ditangani langsung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, kalaupun harus segera kita ambil alih penanganannya harus koordinasi di pemerintah Provinsi,”ungkap Iwan Mursalin, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tubaba kepada waratawan, saat ditemui usai rapat koordinasi diruang Sekda Tubaba, Selasa (26/2/2019).

BACA JUGA:  Harganas Ke XXVI Di Kalsel Bupati Tubaba Terima Penghargaan MKK Dari BKKBN RI

Menurutnya, untuk melakukan penimbunan ruas jalan provinsi yang ada di Tiyuh Panaragan, berdasarkan hasil tinjauan Dinas PU, ada sekitar 1 km yang harus ditimbun dengan ketinggian 2 meter. “Untuk melakukan penimbunan jalan rawan banjir di Tiyuh Panaragan saja membutuhkan anggaran sekitar 2 miliar, belum untuk kegiatan pengerasan atau pembangun beton. Secara teknis harus menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang harus di usulkan,”terangnya.

Dia juga menyebutkan, untuk penanganan ruas jalan Simpang Tujok – Panaragan, dialokasikan anggaran sekitar 7,6 Miliar dari DAK melalui Provinsi pada tahun 2019 ini.”Kalau tidak salah itu, tetapi saya belum tahu karena sifatnya peningkatan ruas jalan, apakah hotmix atau rigit kita belum tahu. Untuk itu kami tetap berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi, sebab ruas jalan itu merupakan titik ruas jalan provinsi tersebut,”bebernya. Iwan menambahkan, pada prinsipnya Pemda Provinsi telah mengakomodir usulan dari Pemda Tubaba, dan menyesuaikan dengan kemampuan keuangannya. (ded)