Go Digital, KK dan Akta Kelahiran Gunakan Barcode

633

Radartuba.com, TUBABA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan mulai menerapkan tanda tangan elektronik atau digital dalam bentuk barcode pada semua produk dokumen kependudukan atau administrasi kependudukan (adminduk) yang diterbitkan. Sebagai tahap awal di tahun 2019 ini, dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran yang akan menjadi target inovasi pelayanan Dukcapil Go Digital yang diluncurkan secara nasional tersebut.

Untuk melaksanakannya, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tubaba Drs. Ahmad Hariyanto, MM menyebutkan bahwa saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu update (pembaruan) sistem dari pusat. Menurutnya, fasilitas untuk menerapkan inovasi pelayanan inipun sudah siap, bahkan Passphrase (kata sandi) pengaman sertifikat tanda tangan elektronik atau digital (barcode) juga sudah diterbitkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Kalau sistem sudah di update, kita bisa langsung melaksanakannya. Yang jelas, hal ini guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat, sebab di era digital sekarang ini masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat termasuk layanan data adminduk,”ungkapnya Ahmad Hariyanto saat dihubungi Radar Tuba melalui telepon, Senin (18/2/2019).

BACA JUGA:  Tim Mabes Polri Batal Ke Tubaba

Dengan inovasi pelayanan Dukcapil Go Digital ini,  produk adminduk tidak lagi menggunakan tanda tangan basah atau manual, tetapi barcode.  Jadi, setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga, tidak lagi tergantung pada keberadaan  kepala dinas di kantor.”Pelayanan akan lebih cepat. Walaupun saya sedang tidak berada di kantor, pelayanan pembuatan adminduk akan tetap berjalan lancar dengan menggunakan barcode ini,”tutupnya.

Langkah ini disambut baik oleh sejumlah warga, salah satunya Eko (27), warga Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumijajar. Dia optimis, jika sistem ini berjalan dengan baik, maka akan memudahkan masyarakat yang akan mengurus adminduk.”Pasti lebih cepat, karena semuanya digital dan inilah yang ditunggu-tunggu masyarakat. Kami berharap ini dapat segera berjalan di Tubaba, sehingga pelayanan di Disdukcapil semakin maksimal,”singkatnya. (ded)