Ada Kabel Listrik Menjuntai Tidak Bertiang Didusun Srimulya

58

Radartuba.com, KOTABUMI – Ternyata perkembangan zaman yang serba canggih dan semakin modern seperti saat ini, tampak tidak dirasakan oleh masyarakat Desa Kotabumi Tengahbarat, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) atau tepatnya di Dusun Liwok, Srimulya, dan Dusun Sriwijaya, Desa setempat, kemarin (13/2) sekira pukul 12.00 WIB.
Pasalnya, hingga saat ini aliran Listrik yang bersumber dari Swadaya Masyarakat di Desa setempat tampak tidak satabil, Mirisnya lagi kabel listrik sepanjang 4000 Meter yang berada di Dusun Srimulya Desa Kotabumi Tengahbarat, terlihat menjuntai ke bawah dan hampir menyentuh tanah. Tidak hanya itu, Kabel Listrik sepanjang 4 Ribu Meter yang mengelilingi Dusun Srimulya tampak tidak memiliki tiang.
Saat dikonfirmasi sejumlah awak media di kediamannya, Mat Yusuf (55) selaku Kepala Dusun (Kadus) Srimulya mengungkapkan, peristiwa menjuntainya kabel listrik sepanjang 4 ribu Meter di Dusunnya, telah berlangsung selama 4 tahun yang lalu. Semenjak listrik tersebut masuk melalui dana swadaya masyarakat.
Menjuntainya kabel listrik diakibatkan karena, tidak adanya tiang, sebagai penyangga kabel tersebut. Karena masyarakat yang khawatir akan peristiwa itu, langsung berinisiatif untuk mengikat kabel-kabel tersebut ke pohon-pohon yang berada disekitar kabel listrik.
Selain itu tegangan listrik dengan daya sebesar 220 Volt, yang ada di Desa tersebut tegangannya selalu naik turun. Akibatnya, peralatan elektronik yang dimiliki masyarakat tidak pernah berlangsung lama pemakaiannya, di akibatkan sering terjadinya Konsleting Listrik, ujarnya yang diamini oleh Aku Aman, selaku Kadus lainnya.
Hal yang sama di ungkapkan oleh Rosmiati, masyarakat setempat, iya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampura, dan pihak PT PLN (Perusahaan Listrik Negara,Red) Cabang Kotabumi, untuk segera menindaklanjuti keluhan masyarakat setempat, menurutnya jika persoalan tersebut tidak segera ditindaklanjuti, tidak menutup kemungkinan peristiwa itu akan merenggut korban jiwa.
Sebab di Dusun Srimulya tersebut banyak terdapat anak-anak, dikhawatirkan jika sedang bermain kabel listrik yang hampir menyentuh tanah tersebut, di jadikan permainan oleh mereka. Terlebih lagi mengingat saat ini, musim penghujan telah tiba. Secara otomatis keselamatan masyarakat setempat akan lebih terancam.
“Secara pribadi dan mewakili seluruh masyarakat di Desa Kotabumi Tengahbarat, dan masyarakat Dusun setempat, meminta kepada pemerintah Kabupaten Lampura dan pihak PT PLN cabang Kotabumi, untuk segera memperbaiki tegangan listrik, dan memberikan tiang sebagai penyangga Kabel Listrik tersebut, karena saat ini keselamatan masyarakat setempat sangat terancam dengan adanya hal tersebut,” harapnya. (fer)