Banjir Rendam Ratusan Rumah di desa Talang Batu Mesuji Timur

49

Radartuba.com, MESUJI–Akibat hujan deras  dalam beberpa hari terakhir di Kabupaten Mesuji mengakibatkan air sungai meluap dan mengakibatkan banjir di dusun Tebing laut dan dusun Talang gunung  Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur.Setidaknya ada sekitar 231 rumah yang terendam banjir sejak sabtu-minggu(10/02).

Menurut Ferry Antomi Sekcam Mesuji Timur Rumah yg terkena dampak banjir di desa talang batu sebanyak  231 rumah dengan rinciannya di dusun Talang gunung 90 rumah dan dusun talang batu sebanyak 3 rumah serta  dusun tebing laut sebanyak  138 rumah.

“Ya itu data yang kita peroleh dari Sekdes Desa Talang batu yang saat ini terkena musibah banjir dan dusun tebing laut yang paling banyak yang rumahnya terendam banjir,” jelas Ferry kepada Radar Tuba minggu malam (10/02).

Sementara berdasarkan informasi dari Sukatam Kasubid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mesuji bahwa saat ini dari dusun talang gunung  ada sekitar 50 kk yang mengungsi ketempat saudaranya yang terdekat.

“Informasi malam ini didusun Talang gunung sekitar 50 KK yang sudah mengungsi ke tempat saudar terdekat  karena ketinggian air titik terdalam ada di 160 sd 180cm, dan tidak ada korban jiwa serta  tidak ada lahan sawah  yang terendam karena  mayoritas kebun singkong,” jelas Sukatam.

Diberitakan Sebelumnya Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Drs  Syahrir S.MH melalui Drs Sukatam  Kasubid Kedaruratan  Badan BPBD  Kabupaten Mesuji  Banjir juga melanda dusun Talang gunung dan desa Talang Batu namun karena akses yang 

Sulit hingga menjelang malam belum dapat dilakukan pendataan dan akan diteruskan hari berikutnya.

BACA JUGA:  Mantap…!!! Panitia MTQ Terapkan Pendaftaran Online dan Penilaian e-Maqra

“Banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sehingga air sungai  pasang serta  naik kepermukiman warga dengan ketinggian mencapai 80 sampai dengan 100 cm,pantauan BPBD hingga pukul 18.00 wib air  sudah mulai surut,” jelas Sukatam bersama Sekretaris BPBD Drs Ngadiman yang berada dilokasi banjir kepada Radar Tuba sabtu malam (09/92).

Menurutnya pendataan yang dilakukan oleh BPBD belum lengkap karena ada tiga lokasi yang terdampak banjir namun,untuk sementara baru di dusun Tebing laut yang sudah terdata itupun belum semua.

“Setidak ada sekitar  40 rumah warga yang terkena banjir dan 7 ha tanaman padi yg terdampak gagal panen. Sementara untuk dusun  Talang Gunung Desa Talang Batu msh dlm pendataan teamTRC BPBD dan Desa setempat,” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan baik kepala desa maupun sekdes desa Talang Batu belum bisa dihubungi sedangkan dari dinas terkait baru dari BPBD kabupaten Mesuji yang sudah turun kelokasi sedangkan dari dinas sosial direncanakan senin (hari ini) baru kelokasi untuk meninjau lokasi yang terdampak banjir.Taruna siaga  bencana (Tagana) yang turun kelokasi juga belum bisa berbuat banyak mereka datang hanya sebatas cek lokasi.

“Kami dari Tagana berjumlah 5 orang dan  hanya cek lokasi sedangkan dari dinas soaial hari senin baru kelokasi banjirb,”jelas salah satu anggota Tagana yang enggan namanya dipublis.(Mis)

20 Views