Tanaman Rumah yang Bisa Bersihkan Asap Rokok

39
Tanaman sirih gading

Radartuba.com – Tumbuhan yang ditanam di rumah sudah lama diketahui bisa bermanfaat membersihkan polusi sehingga udara jadi terasa lebih segar. Namun demikian kemampuan tersebut sebetulnya terbatas karena tumbuhan tidak bisa menghilangkan zat kimia berbahaya tertentu.

Nah sekelompok peneliti di University of Washington belakangan mengembangkan tanaman sirih gading (Epipremnum aureum) yang bisa membersihkan udara rumah dari zat berbahaya seperti benzena, klorofom, dan formaldehida. Hal ini bisa dilakukan berkat teknologi rekayasa genetik.

Tanaman sirih gading dipilih karena sifatnya yang fleksibel mampu tumbuh di mana saja.

“Kami ingin melakukannya di sirih gading karena ini adalah tanaman rumah yang bandel bisa tumbuh dalam berbagai macam kondisi,” kata salah satu peneliti Long Zhang seperti dikutip dalam siaran pers University of Washington, Kamis (31/1/2019).

Dalam tes laboratorium konsentrasi klorofom dalam gelas kaca yang diisi oleh sirih gading modifikasi terbukti bisa berkurang hingga 82 persen setelah tiga hari. Kandungan benzena bisa berkurang sampai 75 persen setelah delapan hari. Sementara formaldehida peneliti masih mencari cara bagaimana menambahkan protein yang dibutuhkan tanaman untuk mengurainya.

BACA JUGA:  Bisa Diagnosis Online, Masih Perlukah Datang ke Dokter?

Di rumah klorofom diketahui bisa datang dari air yang sudah dijernihkan, benzena dari asap kendaraan, dan formaldehida dari asap rokok.

“Semua senyawa kimia tersebut sangat susah untuk dimusnahkan. Tanpa ada protein yang bisa mengurainya kita membutuhkan proses yang memakan banyak energi. Akan lebih mudah dan ramah lingkungan bila membuat tanaman rumah menyimpan semua protein pengurai,” kata peneliti lainnya Stuart Strand.

Detail penelitian ini telah dipublikasi di jurnal Environmental Science and Technology.(dtk)

22 Views