Khamami Nonaktif,Wabup Otomatis Jadi Plt

87
Bupati Mesuji Khamami (jaket orange) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK RI. Saat ini status Khamami saat ini merupakan bupati nonaktif. Foto: Ist/For RADARTUBA.COM

Radartuba.com, MESUJI – Bupati Mesuji Khamami terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK RI. Saat ini status Khamami saat ini merupakan bupati nonaktif.
Kapuspen Kemendagri, Bahtiar Bahrudin menjelaskan, dalam pasal 65 poin 3 dan 4 Undang-undang (UU) no 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dijelaskan, kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewewnangannya, kemudian, wakil kepala daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah.
“Ya nonaktif. Wakil Kepala Daerahnya menjalankan tugas dan wewenang Kepala Daerahnya sampaii ada keputusan pengadilan yang incrach,” ujarnya kepada radarlampung, Kamis (24/1).
Artinya, Bahtiar melanjutkan, Wakil Bupati Mesuji Saply TH otomatis menjadi Plt. Bupati. Di mana, tidak perlu ada keterangan tertulis dari Kemendagri. Hanya saja, ada penegasan dari pemprov lampung sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.
”Cukup surat dari Gubernur, sebagai wakil dari pemerintah pusat sebagai penegasan bahwa Wakil Bupati menjabat sebagai Plt,” kata dia (fei/rlo)