Gelar Musrenbang, Kampung Aji Murni Libatkan Seluruh Komponen Masyarakat

78

Radartuba.com, Gedung Aji – Dalam pengelolaan dana desa (DD) yang transparan dan akuntabel, Kampung Aji Murni Kecamatan Gedung Aji melaksanakan Musrenbang tahun anggaran 2019, bertempat di Balai Kampung Aji Murni, Kamis (24/01).

Turut hadir dalam acara tersebut, unsur BPK, aparatur Kampung, LPMK, TP-PKK, Karang Taruna, Linmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan dan masyarakat Kampung Aji Murni yang antusias mengikuti gelaran kegiatan tersebut.

Rohmansyah, menjelaskan sambutan tentang tujuan Musrenbang, agar dihasilkan keputusan dengan menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan, di tahun 2019, sebagaimana telah dihasilkan tiga point kesepakatan yang akan menjadi prioritas yaitu, menyepakati prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa yang akan dibiayai dari dana swadaya masyarakat dan atau dari pendapatan asli desa (PAD). Kegiatan yang mendesak untuk dilaksanakan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak, namun kegiatan ini tidak dapat dibiayai dari dana ADD maupun Dana Desa, harus dimasukkan sebagai prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan sendiri oleh desa melalui swadaya masyarakat, seperti kegiatan pembangunan Masjid/Mushala, penataan tempat pemakaman, pembangunan gapura desa dan lain-lain.

Menyepakati prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa yang akan dibiayai dari alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD), menyepakati prioritas masalah daerah yang ada di desa yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat yang akan di usulkan pada Musrenbang Kecamatan menjadi kegiatan yang dibiayai oleh APBD Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Provinsi, seperti pembangunan jalan desa yang berstatus jalan Kabupaten atau Provinsi dan pembangunan saluran irigasi tersier maupun sekunder yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:  Sidomukti Rutin Menggelar Program Kesehatan

Musrenbang juga telah mengusulkan dan menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum Musrenbang Kecamatan.

“Dalam hal ini berbagai usulan hasil kesepakatan pembangunan prioritas Kampung Aji Murni yang akan dilaksanakan di tahun mendatang sudah disepakati dalam musyawarah, sehingga giat pembangunan akan berjalan sesuai kebutuhan masyarakat dan mengesampingkan kepentingan pribadi,” urainya.

Selain itu BPK Aji Murni juga menekankan agar pembangunan juga harus mengedepankan penyelenggaraan Pemerintahan Kampung, pembangunan Kampung, Pembinaan serta Pemberdayaan. “Penyertaan modal Bumkam, prioritas untuk anggaran dari swadaya masyarakat, swadaya pengurukan jalan, jembatan kampung serta usulan ke Kabupaten diharapkan agar jalan untuk fasilitas Kampung yang sudah di onderlagh ditingkatkan ke lapen/hotmik,” paparnya.

Tentunya masih banyak program pembangunan prioritas sehingga diurutkan berdasarkan anggaran agar mencukupi dalam memenuhi usulannya. Saya ingin membangun sinergi yang baik dengan para aparatur Kampung yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunannya ini, bagaimana komunikasi dengan baik. Dan terkait laporan ya dibuat laporan dengan baik seuai aturan, ujar Kepala Kampung Rohmansyah kepada Harian Radar Tuba.

“Saya berkomitmen akan terus menjadi amanah dalam realisasi dana desa dalam pelaksanaannya. Sehingga masyarakat Aji Murni merasakan manfaat dari hasil pelaksanaan pembangunan ini,” dalam paparannya.(zal)