Cegah DBD,Ini yang dilakukan Aparat Kampung Banjar Agung

53

Radartuba.com, Tulang Bawang – Untuk menekan wabah demam berdarah dimusim penghujan, Aparat Kampung Banjar Agung bekerjasama dengan Puskesmas TUBA 1 untuk melakukan Fogging atau pengasapan disetiap rumah sebelum banyak terjadinya korban DBD Rabu (23/01/2019).

Jumilah selaku Pj Kepala Kampung, mengatakan terjadinya penyakit DBD terhadap masyarakat Kampung Banjar Agung perlu diwaspadai, pasalnya akhir-akhir ini sering terjadinya hujan maka besar kemungkinan penyakit DBD akan semakin berkembang, maka untuk mengatasi hal itu kami selaku Aparat Kampung tanggapi hal tersebut dengan bekerjasama dengan Puskesmas Tuba 1 untuk melakukan Fogging.

Dikesempatan yang sama, petugas Pukesmas TUBA 1 Dian, A.Md,Keb dan didampingi Aparat Kampung Ariyani, Okta Rina Pohan, Vera Marsella, dan Karno melakukan kunjungan ke rumah Wardoyo salah satu masyarakat Kampung Banjar Agung yang terkena DBD.

Dalam kunjungan tersebut tidak banyak yang dilakukan pihak Puskesmas dan Aparat Kampung  melainkan dalam waktu dekat bersepakat akan melakukan Fogging/pengasapan disetiap rumah Di Kampung Banjar Agung agar korban DBD tidak semakin bertambah. 

BACA JUGA:  Kegiatan Posyandu Kampung Gunung Tapa Ilir

Dian, A.Md,Keb mengatakan “fogging” merupakan pengendalian yang bersifat reaktif di mana ada kejadian seseorang terjangkit DBD, lalu mengambil tindakan untuk membunuh nyamuk dewasa pembawa virus dengue.

Fogging akan memberikan hasil yang bagus apabila diikuti dengan upaya lain seperti pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M.
3M yaitu menguras tempat-tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas yang masih bernilai ekonomis.

“Semoga masyarakat Kampung Banjar Agung akan terhindar dari penyakit DBD ini, karena target kami selaku Aparat Kampung adalah mencegah lebih baik dari pada megobati, tutup Jumilah. (Bud/*)

13 Views