Program Ngantor Keliling Plt Camat Way Serdang

155
Camat Way serdang Komang Sutiaka (tengah) saat mengunjungi masyrakat usai melakukan pembinaan dikantor kecamatan dan menjelaskan program pembangunan pemkab Mesuji kepada masyrakat. Foto: Misdi/RADARTUBA.COM

Radartuba.com, MESUJI -Pelaksana tugas (Plt) Camat Way Serdang Kabupaten Mesuji Komang Sutiaka SH punya program kerja unggulan untuk membina desa dan seluruh aparatur serta menyerap aspirasi baik dari aparatur maupun masyrakatnya langsung yaitu program ngantor keliling di setiap desa.
Menurut Komang Program ngantor keliling desa sudah dilakukan selama satu minggu dan diperkirakan akan berakhir pada bulan april 2019 mendatang.Dengan ngantor keliling desa dia berharap kedepan kepala desa, sekdes sampai kaur ,BPD Linmas Rk dan Rt bisa mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga akan bekerja dengan baik sesuai peraturan yang ada.
“Yang pertama setiap kita datang kedesa melaukan apel yang dihadiri seluruh perangkat desa sampai pada level terbawah yaitu Rt,setelah itu pembinaan dan menjelaskan kepada meraka tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dari jabatan mereka masing-masing,selain itu apa saja yang menjadi kendala semua akan kita bahas sampai permasalahan ketemu soluainya,”jelas Komang Senin (21/01).
Komang Juga menjelaskan ngantor keliling desa merupakan gagasannya dengan tujuan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada didesa sekecamatan Way serdang yang berjumlah 20 desa.Selain memberikan pembinaan dia juga setiap ngantor didesa selalu melakukan kunjungan kemasyrakat dan menjelaskan program-program pemerintah baik yang berasal dari Pusat,provinsi maupun yang berasal dari kabupaten.
“Jadi baik aparat maupun masyrakat harus tau program pembangunan yang sedang berjalan dan ini tugas aparatur desa untuk menjelaskan kepada masyrakat,karena semua program harus transparan dan masyrakat harus tau,”terangnya.
Komang memberi contoh Agenda yang dilakukan hari ini yaitu dengan didampingi Staf Kasi Pendapatan dan Kessos Kecamatan Supriyadi dalam agendanya yaitu Ngantor Keliling Desa di Desa Suka Mandiri, setelah mengadakan pembinaan dia menyempatkan mengunjungi orang tua jompo.
lalu, meninjau progres pembangunan rumah warga penerima bantuan program Pro Rakyatnya Bupati Khamami, yakni Baperlahu Stimulan (ST)” sebesar Rp. 15.000.000,- dari APBD Mesuji.
“Ya setelah pembinaan terhadap aparatur kita keliling ke masyrakat disana kita akan menyerap aspirasi dan melihat progres pembangunan-pembangunan yang sedang berjalan didesanya masing-masing,”imbuhnya.
Dia menambahkan Ngantor keliling desa dilakukan dari hari senin sampai kamis jika tidak ada agenda keluar dan hari jumat digunakan untuk evaluasi dan jumat bersih dilingkungan kecamatan.
“Kita keliling dari hari senin sampai kamis hari jumnat kita evaluasi di kantor kecamtan hasil dari ngantor selama didesa,”tutupnya (mis)