Dua Mobil Terbakar Usai Tabrakan di Menggala

90
Pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang menghanguskan dua unit mobil yang terlibat lakalantas. Foto Ist

Radartuba.com, Menggala – Kecelakaan lalulintas terjadi di jalan lintas timur, lingkungan kalimiring, kelurahan Menggala Selatan senin pagi sekira pukul 04.30 WIB.
Akibat peristiwa ini, satu unit minibus jenis xpander dan satu unit mobil truck hangus terbakar.
Danton Damkar Tulangbawang Heri Iswanto menerangkan, menurut penuturan masyarakat sekitar, kecelakaan terjadi akibat adu kambing dua unit mobil yang melaju dari arah berlawanan tersebut.
“Minibus xpander melaju dari arah Bandarlampung, kemudian truck melaju dari arah Menggala. Disitu terjadi adu kambing,” kata Heri kepada Radar Tuba, Senin (21/1).
Dilanjutkannya, Pemadam Kebakaran mendapatkan info dari masyarakat sekitar pukul 05.00 WIB dan langsung turun ke lokasi.
“Kami sampai di lokasi peristiwa dua kendaraan itu sudah terbakar, api sudah besar,” jelasnya.
Sesampainya dilokasi, sepuluh petugas pemadam kebakaran dengan satu unit mobil Damkar di bantu warga sekitar langsung memadamkan api.
“Proses pemadaman api tidak berlangsung lama sekitar 30 menit, mungkin karena material yang membakar sudah habis. Sekali akrab sudah langsung padan,” ujarnya.
Heri juga menjelaskan, akibat peristiwa itu jalan lintas timur sempat mengalami kemacetan sampai tiga kilometer. “Sempat macet kurang lebih tiga kilometer tadi. Tidak ada korban jiwa,” ujarnya.
Heri mengungkapkan, truck yang bertabrakan kemungkinan mengangkut gas elpiji karena di lokasi ditemukan sekitar tiga buah tabung gas elpiji 3 Kilogram. “Kemungkinan mengangkut gas elpiji karena ada sekitar tiga tabung di dekat lokasi. Mungkin yang lain sudah di amankan oleh warga sekitar,” tandasnya.
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tulangbawang AKP Agustinus Rinto mengungkapkan, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kecelakaan hingga membuat dua unit kendaraan terbakar.”Masih kami selidiki penyebabnya apa. Untuk korban jiwa, nihil,” kata Agustinus.
Dilanjutkannya, pihak kepolisian menduga kecelakaan terjadi akibat sopir mobil Mitsubishi Xpander mengantuk saat memacu kendaraan.
Diceritakannya, peristiwa kecelakaan berawal saat mobil Mitsubishi Xpander warna silver dengan nomor polisi BE 1402 YE yang dikendarai Didi Darmadi (28) warga jalan Karanganyar, kecamatan Telukbetung Selatan, Bandarlampung itu melaju dari arah Bandarlampung menuju Palembang.
“Diduga berjalan oleng karena sopir mengantuk. Xpander langsung masuk ke jalur berlawanan dan tiba-tiba menabrak bagian samping kanan Truk Colt diesel warna merah nomor polisi E 8959 YE, yang secara bersamaan datang dari arah berlawanan,” terang Kasat Lantas.
Truk Colt diesel sendiri dikendarai oleh Hartono (42) warga jalan III kibang, Menggala dan kernet Juanda (47) warga jalan IV Menggala Tengah, Lebuhdalem, Kecamatan Menggala.
Tabrakan tersebut tak bisa dielakan dan mengakibatkan kedua kendaraan terbakar.
Mantan Kasat Lantas Polres Lampung Barat itu menerangkan, pengemudi Xpander mengalami luka lecet pada bagian kepala belakang dan patah tangan kanan.”Pengemudi truk colt diesel hanya mengalami luka ringan,” tandasnya. (nal/ogi)