195 Calon Relasi Ikuti Seleksi Wawancara

48

Radartuba.com, KOTABUMI – 195 calon relawan demokrasi(relasi) yang akan bertugas membantu komisi pemilihan umum(KPU) dalam mensosialisasikan pelaksanaan pemilu yang akan akan dihelat 17 April 2019 mendatang, secara bertahap telah mengikuti tes wawancara di kantor KPUD Lampura.
Tahap pertama dilaksanakan, kemarin(21/1) dengan jumlah 100 orang calon relawan. Sedangkan sisanya sebanyak 95 orang, akan mengikuti tes hari ini(22/1).
”Calon Relawan Demokrasi yang mengikuti tes wawancara, dibagi dalam dua kelompok. Pertama sebanyak seratus orang kita lakukan tes hari ini(kemarin, Red). Sisanya sebanyak 95 orang akan dilanjutkan besok(hari ini, Red),”ujar Komisioner KPUD Lampura Aprizal Ria, kemarin(21/1).
Ditambahkan, selain tes wawancara pihak KPUD Lampura juga melakukan uji kepatutan atas kemampuan para calon relawan dalam mensosialisasikan program KPU, seperti bagaimana mengajak para pemilih untuk menyalurkan hak politiknya.”Kita juga tes kemampuannya dalam mensosialisasikan, mengajak masyarakat agar tidak golput. Serta, menyalurkan hak politiknya,”jelas Gudel sapaan akrab Aprizal Ria.
Selain itu, lanjut Gudel, pihaknya juga menanyakan komitmen masing-masing calon relawan, seperti siap bekerja sepenuh waktu dan siap ditempat dimana saja.”Mereka harus siap ditempatkan di mana saja, dan siap bekerja sepenuh waktu, dan berkomitmen mensukseskan pelaksanaan pemilu baik pileg maupun pilpres tahun 2019,”kata Gudel.
Setelah dilakukan seleksi wawancara, lanjut Aprizal, pihaknya akan menetapkan 55 orang yang akan menjadi relawan demokrasi, dalam rangka membantu tugas-tugas KPU.”Akan ditetapkan 55 orang dari jumlah sebanyak 195 calon relawan ini. Setelah ditetapkan sebagai relawan, mereka akan dilakukan pembekalan dan berkoordinasi dalam tugas kepemiluan.”Rekrutmen relawan ini, dalam rangka mensosialisasikan materi kepemiluan pada 11 basis yang telah menjadi ketentuan, dengan meningkatkan partisifasi pemilih,”terang Gudel.
55 Relawan Demokrasi ini, lanjut Gudel ditempatkan pada 23 kecamatan yang ada di Lampura dalam 11 kelompok kerja yang akan menangani basis basis keluarga, basis pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, penyandang disabilitas, kaum marginal, komunitas dan basis keagamaan, basis warga internet(nitizen), serta basis berkebutuhan khusus.”Mudah-mudahan relawan yang dibentuk ini dapat meningkatkan partisifasi pemilih dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang,”pungkasnya.(rid)

12 Views
BACA JUGA:  JELANG PEMILU DAPIL 5 DISEBUT DAPIL NERAKA