Rampok Gasak Accu Alat Berat Pemkab Mesuji

225

Radartuba.com, MESUJI-Komponen alat berat milik Pemkab Mesuji digasak komplotan perampok di areal persawahan Desa Sungai Buaya Kecamatan Rawa Jitu Utara (RJU) Kabupaten Mesuji, Senin (21/01), dini hari sekira pukul 02.30 WIB. Dalam melancarkan aksinya ini, para pelaku ini diduga menggunakan senjata api dan parang. Tidak hanya merampas Accu alat berat, pelaku yang berjumlah 2 (dua) orang ini juga diduga menyiksa 3 (tiga) orang yang sedang menjaga alat berat jenis Eksavator tersebut.

Ketiga orang yang sedang ronda menjaga alat berat tersebut yakni Umbul (50), Bagus dan Adi yang merupakan pelajar kelas XII SMA, keduanya menggantikan posisi orang tuanya karena berhalangan tugas. Hasil keterangan yang diperoleh di lapangan, ketiga penjaga alat berat ini tidak tahu kalau keberadaannya sudah disatroni para pelaku, sebab saat itu mereka tengah berbincang-bincang. Namun tak disangka, para pelaku tiba-tiba muncul dan langsung menodongkan senjata api dan parang ke arah mereka.

Merekapun tidak berkutik dengan ancaman tersebut dan akhirnya para pelaku langsung menyekap ketiga penjaga tersebut. Setelah itu, dengan leluasa melancarkan aksinya dan berhasil melepas Accu Eksavator. Tidak cukup sampai disitu, para pelaku kemudian memaksa Bagus dan Adi membawa Accu Eksavator dan Umbul juga dipaksa membawa diesel/genset yang digunakan untuk menyedot air dengan berjalan tanpa henti yang berjarak sekitar 2 Km menuju muara tempat kapal otok mereka diparkir.

“Kami bertiga dipaksa manggul Accu dan genset berjalan dengan ditodong pistol dan parang yang jaraknya sekitar 2 Km jika kami berhenti langsung dipukul oleh parang mereka, jadi walaupun cape dan sakit kami terus berjalan. Setelah sampai dimuara mereka naik perahu kami langsung pulang,”jelas Bagus dihadapan kepala desa dan orang tua mereka, Senin pagi.

Menurut Muhammad Wahid, orang tua Bagus, mereka sampai dirumah sekitar pukul 04.30 WIB dan kondisi anaknya terlihat pucat berkeringat dan tampak kelelahan karena dipaksa oleh para pelaku berjalan sambil memanggul accu. Selain membawa dua unit Accu ukuran 70 Amper, Hp android ketiganya juga dirampas oleh para pelaku.

BACA JUGA:  Kencani ABG Hingga 10 Kali, Seorang Pria Beristri Ditangkap Polisi

“Ya selain dua Accu dan genset, Hp ketiganya juga diminta saat disekap untuk menakuti ketiga orang ini para pelaku sempat menampar ketiganya dan meledakkan pistol sekali agar ketiganya takut dan tidak melawan sedangkan yang satu melepas Accu Eksavator,”cerita Wahid kepada Radar Tuba.

Sementara itu, Muhammaf Alia Muis selaku Kepala Desa Sungai Buaya menjelaskan bahwa alat berat itu sedang bekerja membersihkan kanal atau saluran air di desanya. Menurutnya, alat berat tersebut milik Pemkab Mesuji, sedangkan untuk pengamanan tiap malam pihaknya mengerahkan sebagian warga yang mendapat glliran ronda untuk menjaganya.

“Ya kebetulan kalau Bagus dan Adi itu mewakili orang tuanya yang berhalangan ronda. Jadi kejadiannya sekira pukul 02.30 -03.00 WIB dan barang milik pemkab yang dibawa yaitu 2 buah Accu dan saya sebagai kepala desa akan bertanggung jawab untuk mengganti barang yang hilang itu karena pekerjaan belum selesai, agar Eksa bisa bekerja kembali,”terang Muis.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya sudah melapor ke Babinsa, Babinkamtibmas dan operator alat berat tersebut, sedangkan untuk laporan kepolisi pihaknya masih menunggu petunjuk dari dinas terkait yaitu Bidang Alkal Dinas PUPR. “Yang jelas hari ini Accu yang hilang langsung kami ganti agar alat berat tersebut bisa bekerja kembali, itu sebagai bentuk tanggung jawab kami,”tutupnya (mis)