Potensi Wisata Desa Bukoposo Mesuji

111
Pj Kades Bukoposo Kecamatan Way Serdang Dahirin sedang menunjukkan luas dan panjang Embung yang ada didesa setempat yang akan dikelola dan dijadikan tempat wisata. Foto Misdi/RADARTUBA.COM

Radartuba.com, MESUJI – Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji merupakan desa yang terletak di ibukota kecamatan.Desa ini memiliki Embung yang bisa dikembangkan menjadi potensi wisata didesa setempat.
Penjabat (PJ) Kepala desa Bukoposo Dahirin berkeinginan menjadikan Embung tersebut sebagai tempat untuk berekreasi masyarakat diwilayah kecamatan Way serdang dan sekitarnya.Sebab dia melihat Embung tersebut memeiliki potensi untuk dijadikan tempat Wisata yang bisa dikembangkan jika dikelola dengan baik.
” Kita berkeinginan menjadikan Embung ini sebagai obyek Wisata Air karena memiliki kedalaman dan lebar yang cukup yang dan panjang sekitar 1000 Meter.Kedepan ini akan kita kembangkan dan dikelola oleh Badan usaha milik desa (Bumdes) sehingga Embung ini tidak mubazir dan bisa meningkatkan PAD desa,”jelas Dahirin Minggu (20/01).
Menurutnya Embung yang terletak tidak belakang kantor kecamatan dan tidak jauh dari jalan kabupaten tersebut saat ini belum dikelola dengan baik sehingga belum bisa memberikan countribusi untuk desa.Embung tersebut dibuat oleh Departemen Pekerjaan Umum Direktorat jenderal pengairan,Proyek pengembangan dan konservasi sumber air seputih sekampung tahun 1993.
Sehingga ketika dipercaya oleh Bupati Mesuji Khamami menjadi PJ dia ingin Desa Bukoposo memliki tempat tujuan salah satunya yaitu tujuan Wisata dengan memanfaatkan potensi yang ada.
“Ya desa Bukoposo merupakan ibukota kecamatan Way Serdang yang dihuni sekitar 5087 jiwa, dengan jumlah 1513 kepala keluarga (KK), memiliki luas wilayah sekitar 1.650,125 Ha.kedepan selain memiliki tempat wisata desa ini juga akan di mekarkan menjadi tiga desa,sehingga rentan kendali pelayanan dan pembangunan akan semakin lebih merata,”pungkasnya (mis)