Penyebab Lidah Wanita Ditumbuhi Bulu Hitam?

64

Radartuba.com – Ketika dr Yasir Hamad dari Washington University School of Medicine mendengar lidah salah satu pasiennya berubah hitam, ia langsung bergegas untuk melihat langsung. Sang pasien yang diketahui wanita berusia 55 tahun didiagnosis mengalami apa yang disebut “lidah hitam berbulu”.

Meski disebut demikian apa yang tampak seperti bulu sebetulnya adalah bagian pengecap lidah bernama papila. Normalnya papila hanya berukuran kurang dari satu milimeter namun pada beberapa kasus bisa tumbuh hingga 12-18 milimeter.

Semakin panjang papila maka akan semakin mudah bagi kotoran sisa-sisa makanan terperangkap di dalamnya. Hal ini membuat bakteri jadi lebih mudah berkembang di lidah hingga akhirnya menimbulkan perubahan warna.

“Meski terlihat menakutkan, kabar baiknya kondisi ini bisa disembuhkan,” kata dr Yasir seperti dikutip dari CNN pada Kamis (17/1/2019).

Dilaporkan dalam New England Journal of Medicine pada September 2018 lalu, sang wanita diketahui sedang menjalani pengobatan antibiotik minocycline karena infeksi setelah mengalami kecelakaan motor. Antibiotik tersebut yang diduga membawa efek samping membuat lidah sang wanita menghitam.

BACA JUGA:  Rencana Jadwal Libur Dan Cuti Bersama Untuk PNS

Seminggu mengonsumsi antibiotik sang wanita melaporkan lidahnya berubah hitam, mual, dan mulut terasa tidak enak. Empat minggu setelah obat diganti lidahnya perlahan kembali seperti semula dan keluhan menghilang.

dr Yasir mengaku ini adalah kejadian lidah hitam pertamanya selama 10 tahun praktik. Tidak diketahui pasti seberapa sering sebetulnya hal ini terjadi pada pasien.(dtk)

23 Views