Harapkan Pembangunan Mapolsek, Warga Hibahkan Lahan 2.500 m2

126
Tokoh Masyarakat Tiyuh Karta Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat menyerahkan Akta Hibah Lahan Mapolsek Tulang Bawang Udik, kepada Kapolres Tulang Bawang AKBP. Syaiful Wahyudi, S.IK, MH. Penyerahan yang berlangsung di rumah makan di Kelurahan Daya Murni, Selasa (25/12) sore disaksikan Ketua DPRD Tubaba Busroni, SH, Camat Tulang Bawang Udik, Kepala Tiyuh dan Ketua BPT Tiyuh Karta. FOTO: RADARTUBA.COM/DEDI

Bupati Umar Ahmad : “Pada Prinsipnya Kita Dukung”

Radartuba.com, TULANGBAWANGUDIK – Pasca perubahan nomenklatur Kepolisian Sektor (Polsek) Tulang Bawang Udik menjadi Polsek Tumijajar, keinginan warga untuk didirikannya Mapolsek Tulang Bawang Udik semakin kuat. Bahkan, warga masyarakat di kecamatan setempat rela menghibahkan sebidang lahan untuk dijadikan lokasi pembangunan mapolsek nantinya, yakni terletak di Tiyuh Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) seluas 2.500 m2 (meter persegi) yang dibeli dari hasil swadaya masyarakat.

Keinginan warga ini tak lain agar keberadaan mapolsek yang didambakan masyarakat  ini nantinya dapat memperpendek rentang kendali pelayanan kepolisian, khususnya dalam hal
Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Mengingat, wilayah hukum Polsek Tumijajar saat ini meliputi dua kecamatan dengan cakupan wilayah yang cukup luas.

“Ini adalah wujud dukungan nyata atas keinginan dan harapan masyarakat untuk segera dibangunnya Mapolsek Tulang Bawang Udik di kecamatan ini. Keberadaan mapolsek sangat dibutuhkan masyarakat agar situasi Kamtibmas dapat lebih terjaga,”ungkap Kepala Tiyuh Karta Sudiyaman, SE, kepada Radar Tuba, saat penyerahan Akta Hibah Lahan Mapolsek Tulang Bawang Udik, Selasa (25/12) di salah satu rumah makan di Kelurahan Daya Murni.

Pihaknya berharap, keinginan masyarakat tersebut dapat segera diakomodir oleh pihak-pihak terkait.”Akta hibah sudah kita serahkan langsung kepada Bapak Kapolres Tulang Bawang. Kami mewakili masyarakat berharap ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait, khususnya dalam hal ini adalah lembaga kepolisian,”ujarnya.

BACA JUGA:  DD Untuk Mesuji 2019 Sebesar 101.767.947.000

Keinginan dan inisiasi masyarakat untuk menghibahkan sebidang lahan untuk pembangunan Mapolsek Tulang Bawang Udik ini juga mendapat dukungan dari Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP.”Pada prinsipnya kita dukung dan kita mensuport  pembangunan Mapolsek Tulang Bawang Udik, sepanjang institusi kepolisian sudah memutuskan rencana pembangunannya ,”ungkap bupati saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba, Selasa (25/12) sore.

Dukungan juga mengalir dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tubaba. Bahkan, Ketua DPRD Busroni, SH, menyatakan siap mendorong agar Mapolsek Tulang Bawang Udik segera terbangun.”Kita sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan warga. Yang jelas keinginan masyarakat ini akan  kami dukung, sebab jika Mapolsek Tulang Bawang Udik dibangun akan berdampak positif pada semakin meningkatnya kondisi kamtibmas di wilayah ini,” singkatnya.

Sementara itu, Kapolres Tulang Bawang AKBP. Syaiful Wahyudi, S.IK, MH, menyambut baik  dan sangat mengapresiasi harapan serta keinginan masyarakat untuk segera dibangunnya Mapolsek Tulang Bawang Udik. Bahkan, berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukannya beberapa waktu lalu, lokasi lahan yang dihibahkan oleh masyarakat ini menurutnya sangat strategis dan layak untuk menjadi mapolsek.”Kita akan segera koordinasikan dengan Pemda Tubaba, dan tentunya dengan Polda Lampung,”ujarnya. (ded)