Hampir 3 Tahun, Kok Belum Definitif Ya..???

184
Ilustrasi: RADARTUBA.COM/ADMIN

Radartuba.com, TUBABA – Warga masyarakat Tiyuh-tiyuh Persiapan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) hingga saat ini masih menunggu kepastian status definitif tiyuhnya. Sebab, tahun 2018 ini sudah memasuki tahun ketiga 7 (Tujuh) Tiyuh Persiapan pemekaran dari beberapa tiyuh di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, dan Way Kenanga berstatus sebagai tiyuh persiapan, sehingga menjadi hal yang wajar jika proses pembentukan tiyuh persiapan menjadi tiyuh definitif dipertanyakan.

“Sudah hampir 3 tahun tapi kok masih belum definitif ya mas. Apa ada kendala proses pengajuannya dipusat, sehingga belum ada kepastian sampai saat ini. Yang jelas, kami selaku warga masyarakat menunggu kejelasannya, dan kami berharap dapat segera di definitifkan tiyuh kami ini,”ungkap salah satu warga di Tiyuh Persiapan Gading Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba, Selasa  (25/12/2018) sore.

Menurutnya, jika tiyuh persiapan berubah status menjadi definitif tentu akan segera terwujud harapan semua pihak dengan adanya pemekaran tiyuh tersebut, diantaranya yakni tiyuh menjadi mandiri dalam menjalankan seluruh program pembangunan tiyuh dan rentang kendali pemerintahan semakin mudah, efektif dan efisien.”Sekarang ini bukannya tidak ada pelayanan dari pemerintahan tiyuh persiapan, tapi dengan status tiyuh persiapan tentu masih ada batasan. Begitu juga dalam hal pembangunan, masih menunggu tiyuh induk,”cetusnya.

BACA JUGA:  Bahas LKPj Bupati, DPRD Tubaba Hearing Dengan SKPD

Diketahui, Ketujuh tiyuh yang dibentuk menjadi tiyuh persiapan pada tahun 2016 lalu tersebar di Tiga Kecamatan, yakni Empat tiyuh di Kecamatan Tulang Bawang Udik antara lain Tiyuh Persiapan Karta Tanjung Selamat (Pemekaran Tiyuh Karta), Karta Raya (Pemekaran Tiyuh Karta Raharja), Gading Kencana ( Pemekaran Tiyuh Marga Kencana dan Karta Sari), dan Kagungan Ratu Agung ( Pemekaran Tiyuh Kagungan Ratu).

Kemudian 2  tiyuh di Kecamatan Tulang Bawang Tengah yakni Tiyuh Persiapan Marga Asri dan Mekar Asri (Pemekaran Kelurahan Mulya Asri), sementara satu tiyuh persiapan ada di Kecamatan Way Kenanga, yaitu Sido Agung (Pemekaran Tiyuh Agung Jaya Kecamatan Way Kenanga dan Gunung Agung Kecamatan  Gunung Terang). (ded)