2019, Anak Usia 0-16 Tahun Wajib Memiliki KIA

107

Radartuba.com, TUBABA – Mulai tahun 2019 mendatang, setiap anak usia 0-16 tahun diwajibkan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016 tentang KIA. Menindaklanjuti itu, Dinas Kepandudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tubaba memastikan pelayanan pembuatan KIA kepada masyarakat di daerah setempat akan dimulai Januari 2019.

Kepala Disdukcapil Tubaba Drs. Ahmad Hariyanto, MM, menjelaskan, KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak dan belum menikah yang diterbitkan oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota. Tujuan diterbitkannya KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

BACA JUGA:  Ada 17 Wajah Baru di DPRD Tubaba, Bupati : Selamat Berkarya, Mari Bergandeng Tangan

“Untuk layanan dimulai Januari, sedangkan untuk launching paling lambat Februari sudah kita lakukan,”ungkapnya di sela-sela kegiatan Gebyar Pelayanan Akhir Tahun pembuatan Dokumen Kependudukan Gratis yang digelar Disdukcapil Tubaba di Sesat Agung Bumi Gayow Ragem Sai Mangi Wawai, Komplek Islamic Center, Rabu (19/12).

Menurutnya, KIA hampir sama dengan KTP, namun dalam pembuatan KIA tidak dilakukan perekaman layaknya pembuatan e-KTP.”Selain itu, tidak semua KIA terdapat foto pemiliknya, sebab untuk anak usia 6-16 tahun saja yang fotonya dicantumkan dalam KIA tersebut. Untuk foto bisa bawa langsung dari rumah ataupun berfoto di Disdukcapil,”imbuhnya. (ded)