Mencontoh Jawa Barat, Tubaba Uji Coba Drainase Sigma Tank dan Geotekstil

124

Radartuba.com, TUBABA – Berbagai terobosan dalam pembangunan terus dilakukan oleh Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Hi. Umar Ahmad, SP. Kali ini, pembangunan drainase yang menjadi inovasi baru di daerah setempat, dengan mengadopsi sistem bangunan yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Kelebihan dari jaringan drainase lainnya, bangunan drainase ini menggunakan material Sigma Tank dan Geotekstil. Tidak hanya berfungsi sebagai drainase, namun juga sebagai resapan. Sebagai tahap uji coba, drainase tersebut dibangun di ruas jalan samping Islamic Center menuju Hotel Berugo, sepanjang 490 meter.

“Jadi bangunan ini sama sekali tidak menggunakan adukan semen atau cor-coran,”ungkap Iwan Mursalin, Kadis PUPR Tubaba melalui Kabid Bina Marga, Baharuddin, kepada wartawan dilokasi pembangunan drainase tersebut, Selasa (17/12) sore.

Dalam pemasangannya, Sigma Tank dibungkus dengan Geotekstil dan di siram pasir dengan ketebalan 3 cm sampai 5 cm baru kemudian ditimbun dengan tanah hingga rata dengan permukaan. Meski terlihat sederhana, namun menurut Bahar, material Sigma Tank yang terbuat dari plastik tersebut mampu menopang beban hingga 13 ton, bahkan bisa bertahan selamanya.

BACA JUGA:  Apresiasi Implementasi Perpres, Pemkab Tubaba Kembali Terima Penghargaan Menkumham RI

Menurut perusahaan pembuatnya, lanjut Bahar, drainase menggunakan Sigma Tank ini sudah diterapkan di bangunan-bangunan bertingkat seperti hotel, Stadion Gelora Bung Karno (GBK), dan di Lampung sudah di terapkan di Bandara Raden Inten II

”Kita targetkan akhir Desember ini pembangunan dapat selesai seratus persen. Drainase dalam ini baru tahap uji coba diterapkan di Tubaba, kita harapkan kondisi air di sekitar Islamic Center yang akan kita gunakan untuk pusat kegiatan MTQ terjadi pembuangan air yang maksimal sehingga sekitar Islamic tidak banjir ketika terjadi curah hujan tinggi,”pungkasnya.(ded)