Target 2019,Seluruh Kecamatan Mesuji Timur Teraliri Listrik

186
Tarbin Putra, SE. Camat Mesuji Timur

Radartuba.com, MESUJI – Dari 21 desa yang ada dikecamatan Mesuji timur,setidaknya ada 11 desa yang hingga tahun 2018 ini belum teraliri perusahaan Listrik negara (PLN).Namun masyarakat diwilayah kecamatan Mesuji timur yang belum ada listrik PLN sudah merasa bahagia pasalnya tiang-tiang sudah mulai dikirim dibeberapa desa di wilayah kecamatan Mesuji Timur.

Menurut camat Mesuji timur Tarbin Putra SE menjelaskan bahwa pada tahun 2018 ini tiang listrik PLN sudah mulai masuk ke beberpa desa diantaranya,Tebing karya mandiri,Sungai cambai,Pangkal Mas Jaya,Pangkal Mas,Pangkal mas mulya,Dwi Karya Mustika.Sedangakan desa Tanjung mas jaya,Tanjung mas mulya,Muara asri,Muara mas,Talang batu targetnya pada bulan februari 2019.

“Targetnya pak Bupati Khamami pada tahun 2019 seluruh desa dikecamatan Mesuji timur akan terang semua sebab saat ini di Kabupaten Mesuji sudah ada Gardu Induk (Gi) yang sudah beroperasi,dan Gi yang ada mampu menerangi seluruh kabupaten Mesuji,”jelas Tarbin kepada Radar Tuba rabu (05/12).

Camat juga mengaku sudah menghimbau Kepada seluruh masyarakat yang sudah dikirim tiang agar tetap tenang jangan sampai terbuai bujuk rayu yang mengatasnamakan dari biro-biro PLN.Informasi resmi tentang PLN akan disampaikan melalui pemerintahan desa tujuannya agar masyarakat tidak tertipu dengan Biro-biro yang nantinya sengaja mau mencari keuntungan.

“Kita sudah himbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak buru-buru dan mudah percaya dengan biro PLN karena nanti akan ada pemberitahuan yang akan disampaikan melalui pemerintah desa ,”himbaunya.

Sementara itu pantauan dilapangan memang tiang-tiang sudah mulai dikirim dan disebar dibeberapa desa namun belum semua desa karena jumlah desa memang bukan hanya satu desa jadi memakan waktu dan proses yang cukup lama.

BACA JUGA:  Khamami Tegur Pengemudi Truk Angkutan Barang Yang Muatannya Melebihi Ketentuan

Sementara itu PT PLN (Persero) Rayon Menggala menargetkan pada tahun ini tiga kecamatan di Kabupaten Mesuji akan teraliri jaringan listrik PLN secara tuntas. Ketiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Tanjung Raya, Way Serdang, dan Simpang Pematang. Hal ini disampaikan Supervisor Teknik Simpang Pematang PLN Rayon Menggala Benny Sihite,beberapa waktu yang lalu.

Dikatakannya, kepastian itu menyusul dengan akan beroperasinya Gardu Induk (GI) Mesuji pada 22 Oktober 2018 mendatang. Di Kecamatan Tanjung Raya sendiri setidaknya masih ada empat desa yang belum teraliri listrik, Kecamatan Way Serdang ada delapan desa, dan Kecamatan Simpang Pematang ada empat desa. Untuk wilayah Kabupaten Mesuji sendiri, baru Kecamatan Panca Jaya yang telah teraliri listrik PLN seluruhnya.

“Ditargetkan hingga akhir tahun 2018 ini, Kecamatan Tanjung Raya, Way Serdang, dan Simpang Pematang akan teraliri listrik PLN seluruhnya. Untuk Kecamatan Way Serdang saat ini sudah selesai pemasangan tiang dan kabel, sedangkan Kecamatan Tanjung Raya dan Simpang Pematang tiang telah selesai ditanam, saat ini sedang memasuki tahap pemasangan kabel. Kita menargetkan seluruh wilayah Mesuji bisa rampung 100% pembangunan jaringan listrik PLN pada tahun 2019,” ucap Benny.(ogi)