SDN 1 Kibang Menggala Giatkan Kegiatan Olahraga

67

Radartuba.com, Menggala – SDN 1 Kibang Kecamatan Menggala Tulang Bawang mengadakan senam bersama setiap hari Jum’at yang dilaksanakan di halaman sekolah, senam tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan peserta didik yang sehat, kuat jasmani dan bisa mencegah berbagai penyakit, sehingga peserta didik memiliki fisik yang sehat tidak mudah mengalami sakit.

Suresmi selaku kepala Sekolah, mengatakan telah menjadwalkan SDN 1 Kibang Kecamatan Menggala Tulang Bawang untuk melaksanakan senam setiap hari jum’at, hal tersebut dilakukan agar peserta didik SDN 1 Kibang mendapatkan kebugaran jasmani yang sangat sehat untuk dilakukan dan bisa mencegah berbagai penyakit.

Selin itu senam juga bisa dikatakan sebagai seni olahraga sebab gerakannya bervariasi dan unik yang disatukan menjadi gerakan senam. Senam pagi juga bisa dilakukan untuk membentuk tubuh agar lebih ideal yang bisa dilakukan secara bersama sama oleh seluruh peserta didik SDN 1 Kibang, untuk itulah senam pagi yang menjadi kegiatan rutinitas dilaksanakan oleh seluruh dewan guru dan peserta didik SDN 1 Kibang, ungkap Suresmi Kepada Radar Tuba Jum’at (30/11).

Kegiatan senam pagi yang dilaksanakan di SDN 1 Kibang selain untuk kesehatan tubuh, senam ini juga memberikan rasa bahagia dan menghilangkan rasa kejenuhan peserrta didik yang hanya merasakan proses belajar diruangan sekolah saja, dengan adanya senam maka anak akan merasakan bahagia dan senang sehingga otak anak akan merangsang agar bisa melepaskan hormon endorphin. Hormon tersebut berguna untuk memperbaiki mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar stres serta meningkatkan daya ingat serta konsentrasi anak.

Ia melanjutkan, selain itu dengan adanya senam dapat meningkatkan kemampuan Akademis anak, hal ini dapat kita dibandingkan anak anak yang rutin berolahraga di sekolah seperti senam bisa tampil lebih baik dibandingkan dengan anak anak yang tidak berolahraga seperti, Ikut dalam kegiatan olahraga seperti senam bisa mengajarkan anak anak untuk tetap fokus dalam tugas mereka sekaligus mengelola waktu dengan lebih efektif sehingga akhirnya bisa meningkatkan kemampuan akademis anak anak.

BACA JUGA:  Dua Pendekar Birokrasi Pimpin Mesuji

Senam pagi di sekolah sangat penting untuk membangun jaringan sosial secara instan pada anak anak selain banyak juga manfaat olahraga untuk psikis. Melakukan gerakan secara bersama sama tentunya membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik. Dengan begitu, maka pertemanan anak anak juga semakin luas yang memudahkan mereka untuk bersosialisasi.

Dengan adanya senam juga mengajarkan peserta didik untuk mudah kerja sama, karena senam tidak hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh, namun senam yang dilakukan di sekolah ketika pagi hari juga bisa membantu anak untuk mengenal pelajaran sosial. Menjadi bagian dari kelompok dan belajar untuk melakukan gerakan secara bersama akan meningkatkan kemampuan anak anak dalam bekerja sama, tambah Suresmi.

“Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar, sehat, dan tidak mudah sakit, selain itu kegiatan olah raga ini juga dapat meningkatkan kebersamaan di antara seluruh peserta didik dan merupakan suatu rekreasi yang murah.senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang sangat perlu diadakan secara rutin untuk menjaga kesegaran jasmani para siswa di sekolah dan merupakan salah satu aktifitas jasmani yang efektif untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka, semoga dengan kegiatan-kegiatan yang kami selenggarakan ini untuk mencapai proses pembelajaran yang lebih baik akan selalu mendapatkan kemudahan dan terealisasikan sebagaimana harapan kami untuk menjadikan peserta didik SDN 1 Kibang Menggala Tulang Bawang ini, menjadi peserta didik yang berkualitas serta mengedepankan solidaritas persatuan dan kesatuan, tutup Suresmi. (Bud)

9 Views